Menpupera Serahkan Bantuan Rumah bagi Nelayan Jepara

Big Banner

Jepara – Ratusan nelayan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, bakal mendapatkan bantuan rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) yang dibangun dengan teknologi rumah instan sederhana sehat.

“Jumlah rumah nelayan yang hendak di bangun di Kabupaten Jepara 200 unit,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera), Basuki Hadimuljono, saat pencanangan pembangunan rumah nelayan dengan pembangunan rumah contoh dengan teknologi risha di Desa Kedung Malang, Kecamatan Kedung, Jepara, Sabtu (16/4).

Untuk tahap pertama, kata dia, akan dibangun sekitar 30-an rumah nelayan, sedangkan selebihnya pada Tahun Anggaran 2017.

“Pembangunan rumah khusus nelayan tersebut, sebagai tindak lanjut atas permintaan Kementerian Kelautan dan Perikanan agar membangun rumah khusus nelayan,” jelasnya.

Rumah khusus tersebut, kata dia, untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah. Penentuan untuk nelayan yang berhak mendapatkan rumah tersebut diserahkan kepada pemda setempat karena mereka lebih mengetahui mana yang berhak.

Rumah nelayan yang dibangun dengan teknologi risha tersebut, diklaim tahan gempa serta lebih menghemat. Ia mencontohkan untuk membangun rumah tipe 36 hanya membutuhkan biaya sekitar Rp115 juta.

Pembangunan rumah khusus nelayan, kata dia, tidak hanya di Jepara, karena hal serupa juga dilakukan di Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.

/FER

ANTARA

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me