Jakarta Harusnya Jadi Contoh Soal Reklamasi bagi Daerah Lain

Big Banner

JAKARTA – Meski saat ini reklamasi di Pantai Utara Jakarta tengah bermasalah, namun proses pembangunan pulau buatan itu diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain yang juga berencana ingin melakukan reklamasi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Dia mengatakan, saat ini rencana reklamasi yang sudah tercatat oleh Kementerian KP sebanyak 49 di seluruh Indonesia. (Baca juga: Menteri Susi Berikan Rekomendasi Asal Izin Amdal Keluar)

“Kalau masalah ini selesai saya ingin Jakarta jadi contoh daerah lain dalam hal reklamasi,” kata dia kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (15/4/2016).

Susi pun berpendapat, DKI Jakarta memang dinilai perlu untuk membuat area tambahan dengan membuat pulau reklamasi. Pasalnya daerah berpenduduk lebih dari 22 juta jiwa ini telah over density. (Baca juga: Menteri Susi Tegaskan Tak Berseberangan dengan Gubernur DKI)

 

“Memang perlu kalau dilihat dari sisi Pemda DKI yang ingin menambah pusat kota baru, tapi saya minta akses publiknya harus ada yang free, jadi orang tidak perlu pakai mobil dan bayar untuk masuk berlibur,” tuturnya.

Dia mengatakan, sudah selayaknya jika Jakarta yang merupakan ibu kota negara maritim terbesar di dunia dengan garis pantai terpanjang 9.007 kilometer, memiliki akses yang mudah bagi masyarakat kepada pantainya.

“Makanya pulau reklamasi yang sebesar 5.100 hektare itu harus menyisakan area yang seharusnya jadi milik publik,” tukasnya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me