Daripada Dibuat Superblok, Pulau Reklamasi Lebih Baik untuk Kampung Nelayan

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Reklamasi yang dilakukan di Pantai Utara (Pantura) Jakarta dinilai akan lebih bermanfaat jika ditujukan untuk kesejahteraan nelayan.

“Kita perlu mengelola permukiman di Pantura Jakarta dan ada baiknya pulau-pulau palsu itu dibuat untuk permukiman nelayan dengan sanitasi dan fasilitas lainnya yang lebih baik,” ucap Ketua Umum Kesatuan Nelayan Tradisional, M Riza Damanik, di Jakarta, Sabtu (16/4/2016).

Menurut Riza, hal itu jauh lebih baik ketimbang menjadikan pulau-pulau buatan dijadikan sebagai tempat wisata yang malah cenderung didesain superblok dan area komersial.

Pulau wisata rekayasa di Jakarta merupakan sebuah kesia-siaan mengingat Indonesia masih memiliki banyak pulau cantik dan indah serta lebih menarik hati wisatawan.

Riza menyebutkan daripada membuat pulau palsu dengan dalih sebagai destinasi wisata baru, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta justru harus membenahi Kepulauan Seribu.

“Jakarta nggak butuh pulau wisata, kalau mau lebih baik Kepulauan Seribu ditata lagi supaya lebih baik dan lebih bisa menarik wisatawan,” tambahnya.

Riza menilai, reklamasi seharusnya dilakukan untuk memperbaiki dan memperindah kampung nelayan, hal itu justru bisa menjadi salah satu elemen untuk menarik wisatawan.

Wisata yang bisa dilakukan misalnya tinggal bersama para nelayan, ikut melaut dan menangkap ikan serta merasakan hidup layaknya nelayan.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me