Makanan Siap Saji Pun Bisa Dicetak Dengan Printer 3D

Big Banner

SolusiProperti.com-Di abad ke-20 kita menyaksikan bagaimana makanan bisa diproduksi secara massal. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, produksi massal makanan ini sudah mampu memberi makan penduduk dunia dengan berbagai selera dan kesukaan makanan. Industri makanan abad ke-21 mungkin akan mewujudkan kemajuan baru: makanan yang bisa dicetak 3 dimensi.

Dikepalai oleh Hod Lipson dan Jeffrey Lipton, the Cornell Creative Machines Lab (CCML) merupakan bagian dari kegiatan riset pencetakan 3 dimensi Cornell University.

Setelah bekerjasama dengan International Culinary Center, purwarupanya bisa menciptakan gumpalan yang bisa dan aman dimakan dalam berbagai macam bentuk, kue-kue dengan pesan yang dicetak di dalamnya, mi dan hamburger. Perangkat itu kini juga bisa mengeluarkan benda cair dan setengah padat seperti coklat yang meleleh, adonan kue, bubur, dan sebagainya.

Startup lain adalah Natural Machines yang berpusat di Barcelona. Mereka berambisi beralih dari dunia katering menuju wilayah mesin 3 dimensi. Menurut Wall Street Journal, startup ini menggunakan sistem pipa yang akurat yang diarahkan dengan desain digital untuk menciptakan dekorasi pasta, roti dan makanan. Mereka kini masih dalam proses pengembangan mesin cetak untuk konsumen yang akan dipasarkan seharga 1000 euro. Printer itu dapat terkoneksi Internet, dan pengguna akan mampu mengunduh resep dan desain, dan mengumumkan kreasi terkini mereka. (YN)

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me