5 Alasan Mengapa Butuh Broker Properti

Big Banner

JAKARTA – Kegiatan jual dan beli properti adalah tugas yang cukup menguras waktu dan tenaga. Banyak orang yang kesulitan menemukan properti idamannya dan di sisi lain sebagian orang tidak pandai memasarkan rumah yang ingin di jual.

Di tengah kondisi itu, broker properti hadir untuk menjadi fasilitator yang sangat berguna. Namun masih banyak orang yang mengabaikan fungsi broker dengan alasan menghemat bujet.

Bagaimana dengan Anda? Jika Anda masih membandingkan plus minus dari menggunakan jasa broker, simak artikel berikut ini, dikutip dari investopedia.com

1. Akses yang mudah

Broker properti bukan hanya pekerjaan sambilan karena banyaknya hal yang harus dipersiapkan untuk kebutuhan penjual dan pembeli.

Dengan jam terbang yang tinggi, seorang broker bisa memiliki pengetahuan yang luas soal properti baru yang sedang dijual dari teman-temannya sesama broker.

Dengan begitu, akan lebih menghemat waktu dan memudahkan pembeli untuk segera mendapatkan harga yang disepakati.

Secara sederhana, si broker akan bertanya soal rumah idaman dan bujet yang Anda miliki. Kemudian ia berupaya menemukan rumah yang tepat dan harga yang sesuai.

Di sisi lain jika tidak menggunakan jasa broker, Anda harus melakukan survei sendiri dan mengumpulkan satu per satu data untuk perbandingan.

2. Negosiasi bukan hal yang mudah

Beberapa orang menolak memakai jasa agen dengan alasan agar proses negosiasi harga bisa lebih transparan dari penjual ke pembeli.

Mungkin ada benarnya, jika kedua pihak (pembeli dan penjual) dapat berkomunikasi dengan lancar dan baik.

Sayangnya, tidak semua penjual dapat dijangkau dengan mudah. Anda juga mungkin sungkan menyebutkan kekurangan rumah tersebut kepada penjual demi mengharap penawaran yang lebih murah.

Di sisi lain, seorang broker sudah terlatih untuk berkomunikasi dengan lancar dan baik serta menjadi pihak yang netral.

3. Sulit mengurus berkas dan persyaratan

Jika Anda berniat untuk membeli atau menjual rumah, mungkin masih awam dengan dokumen atau berkas apa saja yang harus dipersiapkan.

Sebagai contoh jika pengajuan KPR Anda ditolak maka persetujuan jual beli dengan penjual otomatis gagal. Anda juga akan kehilangan uang deposit atau biaya lain yang sudah dikeluarkan.

Namun, jika menggunakan jasa broker yang telah berpengalaman, mereka akan memandu langkah-langkah dari awal transaksi hingga selesai.

4. Broker properti tidak bisa berbohong

Ya, mungkin saja mereka bisa berbohong, namun demi menjaga kredibilitasnya, umumnya broker lebih memilih untuk bekerja secara profesional agar dipercaya dan menarik klien selanjutnya. Terlebih bagi broker yang bekerja atas nama perusahaan yang ternama.

5. Harga sebanding dengan manfaatnya

Sebagian orang menolak menggunakan jasa broker demi menghemat bujet, tapi coba pikirkan lagi. Untuk setiap transaksi jual beli rumah, biasanya proses tawar-menawar akan terjadi. Untuk itu biaya jasa broker sebenarnya bisa Anda akali melalui penentuan harga jual.

Demi mencapai efektivitas waktu, tenaga dan biaya, menyisihkan sedikit bujet untuk jasa broker sebenarnya sebanding dengan manfaat yang akan Anda dapat.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me