Menyegarkan Cat Dinding yang Memudar

Big Banner

Warna cat pada dinding rumah, memang lama-kelamaan memudar. Normalnya, pudarnya warna cat akan terjadi dalam kurun waktu 3-5 tahun.

Jadi, ketika warna cat di rumah kamu tampak memudar kurang dari tiga tahun, maka besar kemungkinan ada yang tidak beres dengan catnya. Mungkin juga masalahnya terletak pada kondisi tembok rumah.

Karena itu, penanganannya harus secara menyeluruh. Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan adalah, kape, ampelas, wall sealer, cat dinding, dan waterproofing.

Baca juga: Kantong Semar, Membebaskan Rumah dari Serangga

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengikis seluruh lapisan cat dinding menggunakan kape hingga permukaannya bersih. Kemudian ampelas dinding agar teksturnya berpori sehingga kandungan air di dalamnya dapat menguap.

Baca juga: Hitam, Tak Selalu Suram

Meskipun pudarnya warna cat lebih sering diakibatkan oleh rusaknya komposisi bahan cat akibat terpaan terik sinar matahari langsung, dalam beberapa kasus membuktikan kondisi ruangan yang lembap dapat menyebabkan masalah ini.

Selanjutnya, kuaskan lapisan wall sealer pada dinding ruangan sebagai lapisan dasar. Usahakan cat dasar memiliki kecenderungan tahan terhadap alkali yang menjadi pemicu utama lunturnya warna cat.

Baca juga: Bersihkan Rumah “Baru” Bekas Pakai

Terakhir, setelah lapisan dasar mengering sempurna, kamu bisa mengaplikasikan cat dinding sesuai warna yang disukai. Kualitas cat juga berpengaruh besar terhadap ketahanan warna yang mampu diciptakan. (Ing)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me