Kemenpupera Bangun Ribuan Rumah RISHA

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kementerian Pekerajaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) akan membangun 5.996 unit rumah khusus untuk masyarakat tidak mampu. Pembangunannya menggunakan teknologi rumah instan sederhana (RISHA) hasil penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemenpupera.

rumah RISHA

rumah RISHA

Menurut Menpupera Basuki Hadimuljono, pembangunan rumah RISHA tersebut bagian dari program sejuta rumah. “RISHA merupakan teknologi membangun rumah dengan sistem pra cetak yang sederhana namun sangat layak untuk perumahan. RISHA juga tahan gempa dan sudah diterapkan Aceh dan Yogyakarta,” ujar Basuki saat mencanangkan pembangunan rumah khusus nelayan di Kedung Malang, Jepara, Jawa Tengah, akhir pekan lalu (16/4).

Target pembangunan rumah khusus menggunakan RISHA ini, lanjut Basuki, akan diprioritaskan di wilayah perbatasan, wilayah terpencil, maupun perkampungan nelayan khususnya di kawasan perbatasan. Ukuran rumah yang dibangun di Jepara ini memiliki luasan 58 m2 yang terdiri dari dua lantai sehingga lantai bawah rumah bisa digunakan untuk tempat bekerja.

Bukan hanya sekadar membangun, dilakukan juga pelatihan untuk warga mengenai bagaimana cara mencetak dan memasang komponen rumah RISHA sehingga nantinya memiliki pemahaman dan pengalaman untuk menerapkan di tempat lainnya. Pembangunan rumah khusus di Jepara ini sendiri merupakan proyek percontohan yang nantinya akan diduplikasi di kawasan lainnya.

“Pak Bupati mintanya sebanyak 200 unit, tapi kita bangun dulu sebanyak 30 unit. Aset ini juga akan dihibahkan ke pemkab dan bisa menjadi contoh untuk dikembangkan di lokasi-lokasi lainnya,” imbuh Basuki.

housing-estate.com