Tangga yang Menguntungkan

Big Banner

Dalam ilmu feng shui, tangga berfungsi sama dengan pintu yakni sebagai tempat keluar-masuk. Karena sama, tangga pun menimbulkan energi tertentu.

Dari sudut pandang feng shui, pintu masuk dianggap sebagai tempat masuknya energi (mulut naga) ke dalam bangunan. Begitu juga dengan tangga rumah ke lantai dua, jadi tempat mengarahnya energi.

Kalau energi yang masuk kurang menguntungkan, total energi di lantai dua pun kurang menguntungkan. Bila di depan pintu masuk rumah terdapat tumpukan sampah, maka energi yang masuk ke dalam rumah akan menjadi kotor.

Nah, bila di depan mulut tangga ada tempat sampah, atau tangga segaris dengan pintu kamar mandi, energi yang naik ke lantai dua kotor dan tidak menguntungkan. Maka,  penempatan  tangga sama pentingnya dengan penempatan pintu masuk utama hunian.

Letak ideal tangga sangat beragam, tergantung pada para penghuni dan jenis aktivitas di lantai dua. Namun, secara umum, posisi yang harus dihindari yakni di tengah-tengah rumah, sektor Barat Daya rumah, dan sektor Timur Laut  rumah.

Baca juga: Memaksimalkan Bagian Bawah Tangga

Dapur bukanlah ruang yang ideal untuk meletakkan tangga karena energi yang dihasilkan oleh dapur cukup panas, menyebabkan panasnya energi di lantai dua. Aktivitas mencuci di dapur juga bisa menghasilkan energi kotor yang mengalir ke lantai dua.

Bahan dari tangga disesuaikan dengan letak tangga tersebut. Sebaiknya, bahan tersebut memberikan energi yang mendukung atau diperlukan oleh penghuni, khususnya kepala keluarga.

Hindari bahan-bahan yang akan menghasilkan konflik energi karena melahirkan ketidakberuntungan.

Bila tangga diletakkan di sisi timur/utara/tenggara/selatan rumah, bahan yang digunakan sebaiknya kayu ataupun keramik hijau. Bila tangga diletakkan di sisi barat/barat laut/barat daya/timur laut rumah, gunakanlah bahan dari logam atau stainless steel dengan keramik berwarna putih.

Jumlah anak tangga yang bagus adalah 11, 12, 16, 17, 21, dan 22.  Ini diperoleh melalui rumus N (jumlah total anak tangga) dibagi dua; harus tersisa satu atau dua.

Hal penting lainnya adalah arah putaran tangga. Sebaiknya,  tangga berputar ke kiri saat naik, dan berputar ke kanan saat turun. Itu untuk memperlancar gerakan naik-turun energi.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me