Harga Apartemen di Jakarta Makin Melonjak

Big Banner

Harga apartemen strata (kondominium) di Jakarta kian melonjak bersamaan dengan harga tanah yang terus naik. Harga jual rata-rata di wilayah Central Business District (CBD) naik sebanyak 8,8 persen per tahun hingga mencapai 48,1 juta rupiah per meter persegi.

Sedangkan, untuk apartemen di area primer tumbuh 4,2 persen dari tahun lalu, dengan harga rata-rata tercatat sebasar 39,6 juta rupiah per meter persegi.

Seperti dikutip dari Kompas, riset Cushman & Wakefield Indonesia, menyebutkan bahwa pada kuartal I-2016, pasar apartemen di kawasan Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan bekasi (Jadebotabek) masih stabil jika dibandingkan tahun lalu.

Baca juga: Harga Apartemen di Jakarta Hanya Naik 1,1%

Tingkat penjualan kumulatif kondiminium eksisting yang berada di wilayah Jabodetabek berada pada angka 98,2 persen. Angka ini turun 0,1 persen per kuartal. Penurunan juga terjadi pada segmen tingkat hunian sebesar 2,0 persen menjadi 64,6 persen dibandingkan dengan kuartal ke empat 2015.

Begitu pula dengan tingkat pra-penjualan yang turun 0,3 persen atau tercatat hanya 63,6 persen dari Desember 2015 dan 0,2 persen dari tahun lalu. Penurunan angka pra-penjualan ini meninggalkan sisa 72.593 unit yang belum terserap pasar. (Ing)

rumah123.com