Harga Minyak Turut Pengaruhi Harga Properti?

Big Banner

JAKARTA – Meski tidak secara langsung berhubungan, namun harga minyak yang jatuh juga dapat memengaruhi penjualan real estat.

Harga minyak di sejumlah negara terus-menerus mengalami penurunan, namun di sisi lain ternyata harga properti juga mengalami penurunan.

Lantas bagaimana harga dari dua sektor ini saling terhubung. Sebagai contoh, sebagaimana dilansir dari Property Report, Rabu (20/4/2016), harga minyak mengacu pada harga minyak mentah Brent, yang dibanderol USD41,20 per barel.

Sedangkan untuk sektor properti, jika dibandingkan dengan harga minyak Brent, harga properti didasarkan pada indeks harga perumahan global oleh International Monetary Fund (IMF).

 

Pada gambar pertama, tampaknya ada sedikit korelasi antara kedua sektor ini. Dari 2005 hingga 2007, aset kedua dihargai karena adanya ledakan ekonomi yang mendorong harga untuk turun.

 

Namun dari 2009 dan seterusnya harga minyak kembali pulih bersama dengan ekonomi global, sebelum terjun tahun 2014 karena produksi melewati permintaan global, harga properti global tidak mengikuti tren harga minyak, meski memiliki korelasi antardua sektor tersebut.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me