Begini, Kiat Cerdik Menyatukan Interior dengan Taman!

Big Banner

DUBLIN, KOMPAS.com – Seorang arsitek seringkali memiliki ide-ide yang menarik terutama dalam hal desain rancang bangun. John McLaughlin sepertinya paham betul tentang anggapan tersebut.

Tempat tinggalnya bersama sang keluarga menjadi proyek untuk mengembangkan ide menariknya itu. John McLaughlin merupakan seorang arsitek kebangsaan Irlandia.

Saat ini ia memiliki rumah di pinggiran kota Dublin, Irlandia. Rumah tersebut kental dengan nuansa kayu yang teduh dan sekitar rumahnya juga dikelilingi taman yang membuat udara di sana sejuk.

McLaughlin kemudian menyatukan hubungan antara interior rumahnya dan taman di sekitar rumah.

Maka dari itu, dia kemudian menambahkan pintu geser ke kerangka kayu rumahnya agar tujuan tersebut tercapai.

www.dezeen.com Open House terletak di sebidang tanah yang dikelilingi taman. Lantai dasar rumah itu dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi ruang terbuka dengan jendela berbingkai tinggi memenuhi sudut-sudut ruangannya.

Oleh karena itu rumah ini kemudian dinamakan ‘Open House’. Tujuannya untuk menciptakan sebuah rumah yang terang, memiliki nuansa hangat, dan langsung terhubung dengan taman sehingga anak-anaknya bisa bermain dengan mudah baik di dalam maupun di luar rumah.

“Saya ingin menikmati sensasi kombinasi ruangan dan cahaya, serta menghilangkan batasan antara dalam dan luar rumah,” ujar McLaughlin.

‘Open House’ terletak di sebidang tanah yang dikelilingi taman. Lantai dasar rumah dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi ruang terbuka dengan jendela berbingkai tinggi memenuhi sudut-sudut ruangan.

Seluruh bagian fasad rumah dibuat mengkilap dengan tambahan pintu geser membuat keluarga McLaughlin dengan mudahnya bercengkrama di teras atau belakang rumah.

Jendela besar dan tinggi juga berguna untuk membuat banyak cahaya matahari masuk ke dalam rumah.

Layanan dan penyimpanan dalam rumah ini dibangun ke dalam dinding yang membentang keluar dari satu sisi rumah ke rumah sebelah dengan lemari dibangun di bawah tangga sebagai tambahan sarana penyimpanan.

www.dezeen.com Tujuannya adalah menciptakan sebuah rumah yang terang, bernuansa hangat, dan langsung terhubung dengan taman agar anak-anaknya bisa bermain dengan mudah, baik di dalam maupun di luar rumah.

Kerangka rumah dan pembungkus yang berbahan kayu mengimbangi jendela-jendela besar di dalam rumah.

“Saya ingin rumah ini memiliki keterbukaan dan pencahayaan yang baik. Jendela serta kerangka kayu dapat merealisasikan itu semua,” kata McLaughlin.

Awalnya, McLaughlin sama sekali tidak mengerti tentang kayu karena ia belum pernah membangun rumah dengan nuansa kayu yang begitu erat. Struktur utama rumahnya itu ia serahkan kepada kontraktor spesialis.

Kerangka jendela dan pembungkus bagian luar dibuat dari kayu iroko. Sementara lantai di seluruh rumah dipoles batu gamping hitam dengan jejak fosil terlihat di permukaannya.

Ada empat kamar tidur yang ditempatkan di sudut-sudut lantai atas dengan dua kamar mandi berada di puncak tangga.

Sementara bagian luar rumah dibuat dinding pembatas dengan pasir putih untuk tetap menjaga konsistensi ruang eksternal.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me