Silicon Valley ala BSD City Siap Meluncur

Big Banner
Pemandangan BSD City dari atas. (Sumber Foto: Sinar Mas Land)

Pengembang properti terbesar di Indonesia, Sinar Mas Land (SML) semakin serius mengembangkan BSD City sebagai pionir kota pintar berbasis digital yang terintegrasi. Untuk itu, SML mengarahkan BSD City memiliki area seperti di Silicon Valley.

Silicon Valley adalah julukan bagi daerah selatan dari San Francisco Bay Area, California Amerika Serikat. Julukan ini diraih karena daerah ini memiliki banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang komputer dan semikonduktor.

Bagaimana dengan rencana SML menjadikan BSD City sebagai Silicon Valley-nya Serpong?

Chief Technology Officer SML, Irvan Yasni, menjelaskan, area ini nantinya akan dibuat sangat mirip dengan Silicon Valley di Amerika Serikat. Area ini juga akan dilengkapi beragam infrastruktur, fasilitas, dan prasarana terbaik untuk menunjang proses operasi setiap perusahaan di dalamnya.

Baca juga: BSD City Siap Wujudkan Kota Pintar Digital Terintegrasi

’’Langkah mewujudkan area semacam Silicon Valley di BSD City akan semakin mudah bila kota mandiri seluas 6.000 hektar ini telah berhasil dikembangkan menjadi integrated smart digital city dengan beragam keunggulan teknologi,’’ kata Irvan dalam siaran pers yang diterima Rumah123, Rabu (20/4).

Lebih lanjut ia menerangkan, BSD City dari sisi infrastuktur telah dilengkapi koneksi fiber untuk mendukung akses internet dan kecepatan pengiriman data, high resiliencies fiber backbone, keterbukaan akses untuk fleksibilitas, hingga kesiapan pelayanan cloud kelas dunia.

Selain itu, kata Irvan, dari sisi geografi kawasan ini memiliki lokasi yang berdekatan dengan Jakarta dan bandara internasional Soekarno Hatta, kemudahan akses wilayah ditunjang dua jalur tol utama serta stasiun kereta api.

Baca juga: BSD Garap Proyek Tol Serpong-Balaraja

BSD City juga saat ini telah memiliki kelengkapan infrastruktur, kombinasi perkantoran, retail dan kawasan residensial. Semua hal ini dikembangkan dengan memerhatikan aspek ramah lingkungan dan pelestarian alam.

’’Apabila membicarakan smart city, maka cakupannya adalah seluruh area BSD City. Akan tetapi, untuk area Silicon Valley, kami baru mencoba mengarah ke sana,” ucapnya.

Menurut Irvan, konsep Silicon Valley yang dikembangkan SML di BSD City, tidak seperti di Amerika Serikat. Sebab, sifatnya bisa jadi lebih terpusat atau terdistribusi.

Plan Allocation pasti di area business district yang tersambung dari CBD 1 di timur, hingga ke arah Barat,’’ ujarnya menambahkan.

rumah123.com