Bersiaplah, Warga Asing Bisa Beli Hunian Minimal Rp 750 Juta

Big Banner

Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) akhirnya mengeluarkan aturan baru terkait kepemilikan hunian bagi warga negara asing (WNA) di tanah air. Aturan tersebut termuat dalam Peraturan Menteri Nomor 13 Tahun 2016, tentang Tata Cara Pemberian, Pelepasan, atau Pengalihan Hak atas Pemilikan Rumah Tempat Tinggal atau Hunian oleh Orang Asing yang berkedudukan di Indonesia.

Dalam Peraturan Menteri (Permen) tersebut dijabarkan tentang syarat untuk WNA bila ingin memiliki tempat tinggal di Indonesia. Permen juga menerangkan daftar harga properti yang dijual untuk orang asing. Harga tersebut tentunya berbeda-beda di tiap daerah.

BACA JUGA : TIPS BANGUN RUMAH MURAH RAMAH LINGKUNGAN

“Harga properti di Jakarta tentu berbeda dengan kota-kota lainnya. Secara prinsip pemerintah tidak membuat aturan baru dari peraturan yang sudah ada, sehingga permen ini hanya merupakan penegasan saja yang memuat aturan lebih detil,” terang Ferry Mursyidan Baldan, Menteri ATR/BPN, seperti keterangan yang diterima Rumahku.com.

Kebijakan tersebut dikeluarkan guna mendorong iklim investasi di Indonesia. Dengan adanya fasilitas berupa tempat tinggal, maka investor asing akan lebih banyak berinvestasi di Indonesia. 

Permen tersebut juga mengatur beberapa syarat dan mencantumkan daftar harga kepemilikan rumah oleh WNA, diantaranya sebagai berikut :

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me