Pasar Perumahan AS Merosot; Pembangunan Awal Dan Izin Bangunan Anjlok

Big Banner

Pasar perumahan AS merosot sejalan dengan tanda-tanda perlambatan tajam dalam pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama. Housing starts turun lebih dari yang diperkirakan pada bulan Maret dan izin untuk konstruksi rumah masa depan mencapai titik terendah satu tahun.

Laporan hari Selasa (19/04) dari Departemen Perdagangan AS, menyatakan pembangunan awal rumah (groundbreaking) bulan Maret menurun 8,8 persen ke laju tahunan yang disesuaikan secara musiman menjadi 1,09 juta unit, level terendah sejak Oktober. Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan awal perumahan tergelincir ke kecepatan 1,17 juta unit bulan lalu.

united-states-housing-starts (1)

Penurunan bulan lalu di mulai dengan menurunnya kegiatan pasar perumahan dan tercermin dalam laporan lain pada pengeluaran bisnis, produksi industri, perdagangan, investasi persediaan dan penjualan ritel yang membuat pertumbuhan ekonomi terhenti pada kuartal pertama.

Ekonomi telah tertekan oleh dolar yang kuat dan permintaan global yang lemah, yang telah membebani ekspor. Harga minyak yang lebih rendah juga menjadi hambatan karena mereka menurunnya keuntungan dari perusahaan-perusahaan energi, mendorong mereka untuk mengurangi secara tajam pengeluaran pada proyek-proyek modal.

Lihat : Harga Rumah Baru Tiongkok Naik Hampir 5 Persen

Perkiraan pertumbuhan produk domestik bruto kuartal pertama tingkat tahunan 0,2 persen. Ekonomi tumbuh pada tingkat 1,4 persen pada kuartal keempat.

Komite kebijakan Fed bertemu pada 26-27 April. Langkah-langkah berbasis pasar dari harapan untuk kebijakan Fed menyatakan kenaikan suku bunga pada semester pertama tahun ini, menurut FedWatch CME Group.

The Fed menaikkan suku bunga acuan pada bulan Desember untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade dan pembuat kebijakan baru-baru ini memperkirakan hanya dua kenaikan suku bunga lebih tahun ini.

Meskipun penurunan di groundbreaking aktivitas bulan lalu, fundamental pasar perumahan tetap kuat dengan latar belakang dari pasar tenaga kerja yang kuat, yang meningkatkan kesempatan kerja bagi orang dewasa muda, dan pada gilirannya meningkatkan pembentukan rumah tangga.

Lihat : Penjualan Rumah Maret Singapura Naik Tertinggi 8 Bulan

Pembangunan rumah awal satu keluarga, segmen terbesar dari pasar, jatuh 9,2 persen ke kecepatan 764.000 unit pada bulan Maret, terendah sejak Oktober, setelah menyentuh tinggi lebih dari delapan tahun di bulan Februari. Mereka jatuh di keempat daerah bulan lalu, meluncur 4,9 persen di Selatan, di mana sebagian besar bangunan rumah dibangun.

Groundbreaking proyek perumahan multi-keluarga menurun 7,9 persen ke kecepatan 325.000 unit. Sedangkan groundbreaking untuk bangunan dengan lima unit dan lebih jatuh ke level terendah dalam setahun.

Sedangkan izin bangunan turun 7,7 persen ke 1,09 juta unit bulan lalu, tingkat terendah sejak Maret tahun lalu.

united-states-building-permits (1)

Izin untuk pembangunan rumah keluarga tunggal turun 1,2 persen pada Maret setelah naik tinggi lebih dari delapan tahun di bulan Februari. Izin bangunan multi-keluarga anjlok 18,6 persen, dengan persetujuan untuk bangunan dengan lima unit atau lebih jatuh ke level terendah sejak Agustus 2013.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

vibiznews.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me