Dana Belum Tersalurkan, Program Bedah Rumah Terbengkalai

Big Banner

PADANG – Pengerjaan bedah rumah bantuan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bagi masyarakat miskin di Solok Selatan, Sumatera Barat, terbengkalai karena dana yang disalurkan belum sepenuhnya.

“Dulu pemerintah berjanji akan mencairkan dana selanjutnya, tetapi sudah lebih tiga bulan berjalan hingga sekarang kelanjutannya belum ada, akibatnya rumah tersebut belum selesai,” kata Hen, salah seorang warga Tanjung Harapan, Nagari Lubuak Gadang Timur, Kecamatan Sangir yang mendapat bantuan bedah rumah di Padang Aro, Kamis (21/4/2016).

Dia berharap pemerintah segera memberikan dana pembangunan selanjutnya supaya proses penyelesaiannya juga cepat selesai. (Baca juga: Kementerian PUPR Belum Terima Laporan Program Bedah Rumah)

Saat ini, rumah bantuan tersebut belum memiliki dinding dan untuk sementara menggunakan atap bekas serta kayu seadanya.

“Kami berharap dana tahap ke dua segera diberikan pemerintah sehingga rumah kami tidak terbengkalai seperti ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Jorong Lubuak Gadang Timur, Busnardi menyebutkan di daerahnya ada tiga rumah bantuan seperti ini tetapi belum satu pun yang selesai, karena dananya belum semuanya diberikan.

“Kalau seperti ini kan masyarakat yang menderita, karena rumah mereka tidak memiliki dinding dan belum layak ditempati,” tambahnya. (Baca juga: RT Diminta Proaktif Laporkan Warganya untuk Bedah Rumah)

Dia berharap pemerintah secepatnya menyikapi permasalahan ini supaya masyarakat tidak teraniaya lebih lama karena rumah yang belum layak huni.

Camat Sangir, Joni Satri mengatakan di kecamatannya ada 13 unit bantuan rumah seperti ini dan belum satu pun yang selesai seperti belum memiliki dinding atau atap.

“Kami berharap dinas terkait secepatnya memberikan dana tahap dua supaya proses penyelesaian rumah warga tidak terbengkalai,” ujarnya.

Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman saat dikonfirmasi menjelaskan masyarakat yang mendapatkan bantuan bedah rumah sudah pasti membongkar rumah sebelumnya sehingga harus cepat ditangani.

“Sebaiknya langsung ke dinas terkait menanyakannya, sebab itu anggaran 2015,” sebutnya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me