WNA Ingin Beli Rumah di RI, Simak 2 Syarat Ini

Big Banner

Jakarta -Tak sembarang orang asing bisa beli rumah di Indonesia meskipun pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 13 tahun 2016 tentang Tata Cara Pemberian, Pelepasan atau Pengalihan Hak Atas Pemilikan Rumah Tempat Tinggal atau Hunian oleh Orang Asing yang Berkedudukan di Indonesia.

Aturan pertama yang paling mendasar adalah, Warga Negara Asing (WNA) yang ingin memiliki rumah di Indonesia, haruslah memiliki izin tinggal dan menetap di Indonesia yang diterbitkan Kementerian Hukum dan HAM.

Hal tersebut seperti tertuang dalam Pasal 2 Ayat 2 Peraturan Pemerintah (PP) 103 tahun 2015 yang berbunyi: Orang Asing yang dapat memiliki rumah tempat tinggal atau hunian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah Orang Asing pemegang izin tinggal di Indonesia sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Itu (izin tinggal) yang mengeluarkan dari Kementerian Hukum dan HAM,” ujar Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Ferry Mursyidan Baldan kepada detikFinance, Kamis (21/4/2016).

Kedua, yang perlu dicermati adalah tujuan WNA tersebut tinggal di Indonesia . Menurut Ferry, tak sembarang WNA pemegang izin tinggal dapat memiliki rumah di Indonesia. Dia harus punya sumbangsih bagi negara.

Aturan itu sendiri tertuang dalam Ayat 1 Pasal 1 PP 103 tahun 2015 yang berbunyi “Orang Asing yang Berkedudukan di Indonesia yang selanjutnya disebut Orang Asing adalah orang yang bukan WNA yang keberadaanya memberikan manfaat, melakukan usaha, bekerja, atau berinvestasi di Indonesia”.

“Jadi bukan WNA yang nggak punya kepentingan apa-apa. Sekedar ingin punya rumah untuk disewakan kembali. Bukan WNA yang seperti itu. Tapi WNA yang benar-benar berinvestasi di Indonesia,” pungkas dia.

(dna/hns)

finance.detik.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me