Kalau Kamu Ingin “Eco Renovation”

Big Banner

Kalau kamu ingin menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, mulailah dari sekarang juga. Gaya hidup ini merupakan hal positif sebagai bentuk terima kasihmu kepada bumi dan alam yang telah memberi penghidupan.

Gaya hidup ramah lingkungan atau eco renovation bisa kamu terapkan pula saat merenovasi rumah. Kamu mungkin sedang ingin membongkar ulang suatu ruangan rumahmu dan menjadikannya berpenampilan baru.

Nah, pikirkan ulang untuk membongkar habis suatu ruangan. Pertimbangkan mana ruangan yang masih dapat digunakan dengan hanya sedikit renovasi tanpa membongkar ulang seluruhnya.

Saat proses renovasi, tentunya akan banyak sampah dan puing-puing sisa renovasi. Sebaiknya kamu pisahkan sampah-sampah tersebut dalam beberapa kategori.

Baca juga: Green Concept di Menara Baru BNI

Pilah sisa renovasi menjadi material daur ulang dan non-daur ulang. Pisahkan mana yang masih bisa digunakan lagi, dan mana yang harus benar-benar kamu buang.

Kamu pun dapat memanfaatkan barang-barang purna-guna alias barang bekas. Kamu bisa memanfaatkan kembali kayu, keramik, atau barang-barang lain yang pernah kamu pakai dalam proses renovasimu.

Selain langkah tersebut hemat, tentunya hal itu juga meminimalisasi penggunaan sumber daya alam untuk membuat produk yang baru.

Yang tak kalah penting, saat akan mengecat ulang rumahmu, perhatikan merek dan label yang tertera pada kaleng catmu. Gunakan cat eco emultion yang menggunakan bahan dasar lokal dan ramah lingkungan yang tidak merusak alam. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me