JKPI Minta Pemerintah Susun Masterplan Kota Tua di Indonesia

Big Banner

JAKARTA – Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) mendesak agar Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menyusun masterplan penataan kota-kota tua yang ada di Indonesia.

Pembuatan masterplan itu ditujukan untuk menjaga keaslian dan keunikan bangunan tua yang ada di dalam kota tua meski telah dijadikan modern.

Ketua Presidium Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), Illiza Saaduddin mengatakan, dengan dibuat lebih modern bangunan-bangunan tua yang menjadi cagar budaya dapat berfungi sebagai tempat wisata. (Baca juga: Pemprov DKI Kekeuh Bangun Lahan di Taman Sari)

“Kita minta rencana masterplan kota tua, karena belum semua kota tua mempunyai masterplan, hal itu yang kita minta dukungan BPIW,” tuturnya seperti dilansir dalam laman resmi Kementerian PUPR, Jumat (22/4/2016).

Menurutnya, dengan masterplan semua akan menjadi jelas, siapa dan bagaimana mengelola kota tua tersebut. Selain itu, kata dia, dibutuhkan para ahli yang mengerti bagaimana merancang bangunan yang memiliki nilai historis tersebut. (Baca juga: Penataan Kota Tua Terancam Gagal)

“Kota tua butuh material lokal dan kualitas bangunan yang sesuai sehingga kota tuanya terasa, tapi tetap bagus,” ujar dia.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me