Pulau Jawa Bakal Alami Kekeringan Air

Big Banner

JAKARTA – Pulau Jawa diproyeksikan bakal mengalami kelangkaan air. Pasalnya, saat ini pulau yang penduduknya paling padat ini hanya memiliki ketersediaan air permukaan sebesar empat persen.

Dengan kondisi tersebut, maka Pulau Jawa yang berpenduduk 60 persen dari jumlah seluruh penduduk Indonesia ini tergolong dalam kategori kritis ringan.

“Hal ini mengisyaratkan bahwa Pulau Jawa berpotensi besar mengalami kelangkaan air, karena hanya memiliki empat persen ketersediaan air,” ujar Profesor Riset Bidang Teknik Konservasi dan Tata Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Waluyo Hatmoko seperti dilansir laman resmi Kementerian PUPR, Jumat (22/4/2016).

Dia menjalaskan, ketersediaan air di Indonesia mencapai 3.960 miliar meter kubik per tahun. Sedangkan, kata dia, terdapat dua indeks kelangkaan air yaitu Indeks jumlah air per kapita per tahun dan Indeks Penggunaan Air (IPA).

Berdasarkan data yang disampaikan, Indeks Air per-Kapita Indonesia sebesar 15.631 meter kubik/orang/tahun di atas China dan India, sedangkan Indeks Air per-Kapita di Jawa, 1.168 meter kubik/orang namun karena penggunaan airnya lebih dari 1.700 meter kubik/orang sehingga mengakibatkan kelangkaan.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me