Tiga Budaya di Rumah Antik Adrianus

Big Banner
Adrianus (47), sang pemilik rumah, berpose untuk Rumah123.com. FOTO: Rumah123/Jhony Hutapea.

Rumah merupakan cerminan dari pemiliknya. Rumah akan terkesan personal jika didesain sendiri, sesuai kepribadian si pemiliknya.

Hal tersebut yang terwujud dari hunian milik pencinta barang antik, Adrianus (47). Tema utama dekorasi rumah Adrianus merupakan perpaduan tiga budaya, yakni Belanda, china, dan Jawa. Baginya, rumahnya adalah penyimpan sejarah panjang bangsa ini.

Rumah Adrianus terlihat unik dengan sentuhan Jawa di teras rumah, China di ruang tamu, dan Belanda di ruang keluarga. Ia pun memadukan sentuhan dari bangsa-bangsa tersebut pada beberapa bagian ruangan di rumahnya.

Nuansa antik tradisional dengan furnitur kayu tampak dominan di rumahnya. Kerinduannya akan Yogyakarta sebagai kampung halamannya, membuat dia memasukkan unsur Jawa dalam desain dan dekor rumahnya.

Ia pun bercerita bahwa ia juga memiliki rumah di Yogyakarta yang sarat barang antik tempo dulu, “Daripada saya bolak-balik Yogyakarta, lebih baik uangnya saya gunakan untuk membeli furnitur,” ujarnya.

Ruang keluarga dengan memadukan China dan Belanda. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Lalu, ia pun memutuskan untuk mengisi rumahnya yang bertempat di Ciledug, Jakarta Selatan, tersebut dengan barang-barang tempo dulu juga.

Inspirasinya dalam mendesain rumah datang dari kebudayaan dan sejarah Indonesia.

“Saya ingin melestarikan budaya yang notabene sudah usang dimakan teknologi. Banyak anak muda yang melupakan sejarah. Di mana asal-usulnya bangsa ini dibangun dari nol bukan dari teknologi. Dan saya ingin mengenang sejarah waktu dulu,” tuturnya.

Ia biasanya mendapatkan barang-barang antik tersebut dari komunitas tempo dulu. Dia berburu barang-barang tersebut hingga ke Solo, Yogyakarta, Klaten, dan Purwokerto.

Di antara banyak barang antik miliknya, barang paling lama yang ia miliki adalah cangkir peninggalan kongsi dagang VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) tahun 1800. Yang antik itu memang selalu unik meskipun tak selalu cantik. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me