Pilihan Gazebo yang Pas di Rumah

Big Banner

Gazebo adalah bangunan (bale) kecil yang biasanya diletakkan di lokasi strategis di halaman atau taman rumah. Kehadiran gazebo dapat memunculkan kesan alamiah di halaman rumah.

Direktur Utama MBS Furniture, produsen gazebo, Yonnoviar, mengatakan, keindahan gazebo bisa dilihat dari struktur kayu yang digunakan. Semisal dari kayu kelapa, serat kayunya memperlihatkan corak alamiah.

Menurut Yonno, gazebo di sebuah rumah bisa dibuat yang pas sehingga menyatu dengan taman ataupun eksterior rumah. Berikut ini beberapa hal tentang gazebo yang perlu diperhatikan:

Sebaiknya gazebo disesuaikan dengan gaya desain rumah. Semisal rumah Betawi, gazebonya ya bercorak Betawi.

Agar tampak harmonis, gazebo kudu disesuaikan dengan tema taman di sekitarnya, Apakah bergaya minimalis, tadisional, atau yang lain-lainnya.

Bentuk desain gazebo pun bervariasi. Ada yang khas Jawa Barat (saung), Jawa Tengah (joglo), Bali, Sulawesi, dan lain-lain.

Baca juga: Trik Bangun Gazebo di Halaman Sempit

Gazebo tradisional punya keunikan tersendiri, karena bahan kayu yang digunakan memunculkan kesan alamiah. Atapnya menggunakan sirap, ijuk, dan alang-alang.

Sedangkan gazebo berdesain modern memadukan bahan kayu dengan beton. Ciri gazebo modern yakni di bagian sisi dan atap  terbuat dari kayu, tapi ornamennya berbeda dengan gazebo tradisional.

Gazebo modern biasanya juga tak dilengkapi bale-bale, namun punya lantai yang landai. Tiga sisi gazebo modern ditutup dinding kayu setinggi  65 sentimeter atau 1 meter dari lantai.

Bentuk gazebo modern bisa persegi empat ataupun bulat. Kalau gazebo tradisional semisal gazebo Bali dan Jawa bentuknya dominan persegi empat.

Ukuran gazebo tak harus besar. Ukurannya ada beberapa, yakni luas x panjang: 1,5 x 2 m,  2 x 2 m, atau 2,5 x 2,5 m.

Gazebo berukuran 2 x 2 m bisa  menampung empat sampai lima orang. Yang ideal sih taman bergazebo punya luas minimal 90-100 meter persegi. Taman seluas 300 meter persegi bisa menggunakan tiga gazebo yang berukuran 2 x 2 meter persegi.

Baca juga: Manfaat Taman Belakang Rumah

Biaya membangun gazebo atau harga gazebo tergantung pada ukuran dan bahan yang digunakan. Sebagai gambaran, gazebo berukuran 2 x 2 meter dengan atap sirap berharga sekitar Rp12 juta.

Gazebo umumnya ditempatkan di bagian tengah taman ataupun  halaman rumah. Hai-hati, gazebo yang terlalu dekat dengan rumah, selain kurang estetik, juga mengaburkan nuansa alami-santai yang ingin dimunculkan di taman.

Sebaiknya posisi gazebo tak menghalangi pintu utama rumah. Kalau gazebo diletakkan di taman depan, sebaiknya tak menghalangi tampak depan rumah.

Kalau diletakkan di taman belakang rumah, lebih baik  gazebo ada di pojok, baik di sebelah kiri maupun kanan.

Agar lebih elok, tempatkan gazebo dekat kolam ikan ataupun air terjun buatan. Keelokannya akan bisa dinikmati dari gazebo.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me