Bisnis Kerajinan Lampu Belajar Berbahan Bambu yang Menjanjikan

Big Banner

SUKOHARJO – Kerajinan lampu belajar berbahan bambu dan kayu memang tergolong unik. Bisnis kerajinan ini pun menjadi diakui cukup menjanjikan. Salah satu daerah yang memproduksi kerajinan tersebut adalah Kabuaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kerajinan itu kini mulai banyak digemari oleh berbagai kalangan, seperti diakui oleh salah satu pengrajin, yakni Samsul (38) meski terhitung baru, namun produk kerajinannya mulai dilirik banyak pembeli, bahkan dari luar kota seperti Klaten dan Solo.

Samsul menjelaskan, ide membuat lampu belajar bahan baku bambu dan kayu tersebut di mulainya ada akhir 2015, yang berawal dari keisengannya.

“Awalnya yang mesan cuma tetangga tapi sekarang berkembang pembelinya dari luar daerah, kata Samsul, di Sukoharjo, Sabtu (23/4/2016).

Dia menceritakan, mengambil bahan bambu dengan memanfaatkan bentuk aslinya melingkar dan ditambah kayu untuk kaki-kakinya atau penyangga. Bahan yang sudah dirakit berbentuk lampu belajar kemudian disalurkan permukaanya dengan amplas kemudian langsung dilapisi warna cokelat pelitur.

“Lampu belajar bambu dan kayu ini, dikasih lampu neon lima watt atau sesuai permintaan sehingga kelihatan sangat unik dan mewah walaupun dari bambu,” kata Samsul.

Lampu belajar berbahan bambu dan kayu itu ditawarkan Samsul dengan harga mulai dari Rp90 ribu per unit. Jika sedang ramai permintaannya, kata dia, produk kerajinan itu bisa laku mulai dari 15 hingga 20 unit per bulan.

“Tapi kalau sepi cuma dua atai lima unit per bulan, sekarang memang dikenal, tapi saya masih terkendala dengan pemasaran,” ucap dia.

Dengan harga bahan baku yang murah, Samsul pun mengaku biaya produksi yang dikeluarkan juga menjadi rendah sekira 35 persen dari hasil penjualan dengan keuntungan yang menjanjikan.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me