Pasca-Gempa, Rehab Kantor Gubernur Sumbar Ditargetkan Selesai September

Big Banner

PADANG – Rehabilitasi Kantor Gubernur Sumatera Barat ditargetkan selesai pada September 2016 dan segera dapat digunakan sebagai pusat pemerintahan kembali, pascarusak berat akibat gempa 2009.

“Sekarang kegiatannya masih dalam proses tender di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Belum ada pemenang,” kata Kepala Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang dan Pemukiman Sumbar, Suprapto, di Padang, Sabtu (23/4/2016).

Menurutnya, setelah ada pemenang pekerjaan berupa finishing empat lantai kantor gubernur segera dimulai.

Kepala Biro Aset Sekretariat Provinsi Sumbar Novrial yang juga membawahi LPSE membenarkan dokumen tender kelanjutan rehabilitasi kantor gubernur telah masuk ke LPSE dan sedang dalam proses.

“Kita perkirakan, pada Mei sudah ada pemenang dan akhir Juni sudah bisa dikerjakan,” katanya.

Ia mengungkapkan, lama pekerjaan itu sesuai dokumen tender adalah tiga bulan, sehingga September 2016 telah benar-benar selesai dan bisa digunakan.

Ia melanjutkan, pekerjaan rehabilitasi empat lantai kantor gubernur tinggal penyelesaian tahap akhir. Namun, karena pekerjaannya sangat detail, maka dokumen yang dibutuhkan juga lebih detail sehingga butuh waktu untuk mempersiapkan dan proses verifikasi.

“Pekerjaan itu diantarnya pembagian ruang untuk ditempati gubernur, wakil gubernur, dan sekretaris daerah. Kemudian, plafon dan ornamen serta lantai,” katanya.

Kantor Gubernur Sumbar merupakan salah satu dari belasan kantor pemerintahan yang rusak berat akibat gempa besar pada 2009.

Karena pemerintah lebih mendahulukan membantu masyarakat, maka anggaran untuk pembangunan kantor pemerintahan untuk sementara dialihkan untuk rehabilitasi rumah warga yang terimbas gempa.

Khusus untuk kantor gubernur, kegiatan rehabilitasi berupa retrofit atau penguatan kembali struktur gedung baru mulai dikerjakan pada 2014.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me