Cara Mudah Menghitung Luas Atap

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Tujuan menghitung luas atap adalah untuk mengetahui ukuran luas permukaan atap yang bakal dibangun. Hasil dari perhitungan ini akan menentukan seberapa banyak jumlah rangka baja ringan dan atap bangunan yang dibutuhkan. Perlu diketahui bahwa pembelian rangka baja ringan di pasaran dihitung berdasarkan luas, bukan per batang. Jadi perhitungan yang tepat memungkinkan Anda dapat memanfaatkan anggaran yang tersedia dengan efektif.

Pada dasarnya, rumus untuk menghitung luas atap didasarkan pada model atap tersebut. Masing-masing model atap terbentuk atas berbagai bangun geometri misalnya persegi, persegi panjang, segitiga, dan trapesium. Namun ingat perhitungan luas atap hanya dilakukan pada bidang yang akan ditutupi oleh genteng.

  • Atap datar dibentuk oleh 1 persegi, sehingga rumus perhitungannya yaitu luas atap = panjang atap x lebar atap.
  • Atap pelana dibentuk dari 2 persegi panjang dan 2 segitiga yang tidak ditutup genteng, sehingga rumusnya yaitu luas atap = 2 x (panjang atap x lebar atap).
  • Atap limasan dibentuk dari 4 segitiga, sehingga rumusnya yaitu luas atap = 4 x (1/2 x alas atap x tinggi atap).
  • Atap perisai dibentuk dari 2 segitiga dan 2 trapesium, sehingga rumusnya yaitu luas atap = {2 x (1/2 x alas atap x tinggi atap) } {2 x {1/2 x (alas atap alas atap’) x tinggi atap} }.

Karena bersifat mentah, rumus di atas masih cukup membingungkan jika digunakan sehari-hari untuk menghitung luas atap baja ringan. Selain itu ukuran panjang atap dan tinggi atap juga belum diketahui. Ini menandakan Anda perlu menghitung terlebih dahulu panjang dan tinggi atap sebelum bisa menghitung luas atap secara keseluruhan.

Ada rumus yang lebih gampang untuk menghitung luas keseluruhan dari permukaan atap bangunan yaitu :

L = p x l / cos α

Keterangan :

Untuk mempermudah Anda memahami rumus di atas, perhatikan contoh soal berikut ini dan penyelesaiannya!

Anda memiliki bangunan rumah dengan ukuran 12 x 20 meter. Anda berniat mengganti atap rumah Anda menjadi atap dengan model limasan yang memiliki sudut kemiringan 30° dan ditopang oleh rangka atap baja ringan. Rencananya ukuran oversteck untuk terusan atap pada masing-masing sisi bangunan adalah 1 meter. Berapakah luas atap dari rumah Anda?

Diketahui :

panjang bangunan = 12 m

lebar bangunan = 20 m

oversteck = 1 m

α = 30°

Ditanyakan :

Berapakah luas atap rumah Anda?

Jawab :

(i) menghitung p

p = panjang bangunan + oversteck = 12 + 1 = 13 m

(ii) menghitung l

l = lebar bangunan + oversteck = 20 + 1 = 21 m

  • L = luas permukaan atap
  • p = panjang bangunan
  • l = lebar bangunan
  • α = sudut kemiringan atap
  • (iii) menghitung L

    L = p x l / cos α = 13 x 21 / cos 30 = 273 / 0,866 = 315,242 m2

    Jadi luas atap rumah Anda ialah 315,242 m2.   (YN)

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me