Membeli Apartemen, Furnished Atau Unfurnished?

Big Banner

Jakarta,solusiProperti.com-Membeli apartemen perlu mempertimbangkan banyak hal, salah satunya ialah apakah apartemen tersebut sudah dalam keadaan full furnished atau unfurnished. Full furnished berarti apartemen sudah tertata dan terisi oleh perabotan, seperti kitchen set, air conditioning, sofa, atau tempat tidur. Banyaknya perabotan dan apa saja jenisnya berbeda di setiap apartemen, tergantung pemilik atau pengembang. Sementara apartemen unfurnished, berada dalam kondisi sebaliknya, sebuah apartemen kosong yang siap untuk ditata dan diisi.

Keputusan yang nantinya akan diambil akan dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk keinginan Anda sendiri. Lalu, mana yang lebih menguntungkan di antara kedua hal tersebut? Bagaimana dengan kekurangannya? Berikut ulasan untuk Anda.

Furnished

Sesuai dengan keadaan apartemen, Anda tidak harus lagi pusing memikirkan tampilan interior apartemen. Tidak perlu juga menghabiskan waktu dan uang untuk membeli berbagai perabotan baru. Saat pindahan pun, akan terasa sangat ringan dan dapat dilakukan dengan cepat. Apartemen akan benar-benar langsung dapat menjadi rumah baru karena hampir sebagian besar kebutuhan telah tersedia.

Namun, hal ini akan berbeda bagi Anda yang ingin berkreasi. Keadaannya akan menyulitkan bila ternyata Anda tidak menyukai interior atau perabotan yang telah disiapkan. Interior apartemen dan barang-barang di dalamnya tentu tidak dapat diubah begitu saja. Bila membeli perabotan baru akan memakan tempat, karena perabotan lama jelas membutuhkan ruang seandainya dipindahkan atau disimpan. Selain itu, tidak membeli perabotan baru bukan berarti Anda akan lebih berhemat, karena bisa jadi harga jual apartemen akan diperbesar sesuai dengan banyaknya perabotan yang ada.

Unfurnished

Salah satu kelebihan unfurnished ialah keadaan apartemen yang dapat didekor sesuai dengan keinginan pribadi. Terlebih, bila Anda telah menyiapkan konsep desain yang akan diterapkan. Perabotan juga dapat dibeli berdasarkan kebutuhan dan konsep desain tersebut. Harganya pun barangkali akan lebih murah bila dibandingkan dengan harga apartemen dalam keadaan furnished.

Namun, bila apartemen harus direnovasi terlebih dahulu agar sesuai dengan keinginan, itu artinya waktu yang dibutuhkan untuk menempatinya pun menjadi lebih lama. Pengerjaan renovasi biasanya juga akan memakan waktu karena jam kerja dibatasi oleh pihak pengelola. Selain itu, merenovasi apartemen akan “memaksa” Anda untuk mengeluarkan lebih banyak dana. Belum lagi biaya untuk membeli perabotan, dana yang dibutuhkan tentunya akan bertambah. Oleh sebab itu, perlu Anda perhitungkan, dana yang akan dikeluarkan. Mana yang lebih mahal, membayar biaya apartemen yang cukup besar, tetapi furnished, atau tidak terlalu mahal, tapi akan ada biaya tambahan untuk renovasi dan beli perabotan, yang tentu saja nilainya juga tidak sedikit. (YN)

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me