Hunian Ekspatriat tak Boleh Disewakan

Big Banner

Kaum ekspatriat dapat membeli hunian berjenis rumah tapak atau rumah susun dengan harga minimal Rp 750 juta hingga Rp 10 miliar, dan tak boleh disewakan

JAKARTA – Walaupun para kaum ekspatriat dapat membeli hunian dengan status hak pakai, hunian tersebut tidak dapat disewakan. Namun, hunian yang dimiliki dapat dialihkan kepada pihak lain. Kaum ekspatriat dapat membeli hunian berjenis rumah tapak atau rumah susun (rusun) dengan harga minimal Rp 750 juta hingga Rp 10 miliar.

“Prinsipnya, hunian yang dibeli harus ditempati. Bukan untuk disewakan. Mengingat tujuan aturan ini adalah untuk mendorong pertumbuhan investasi,” ujar Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), seperti dilansir dari laman beritasatu.com, Rabu (20/4/2016).

Aturan tersebut dijelaskan di dalam Peraturan Menteri (Permen) No 13 tahun 2016 tentang Tata Cara Pemberian Pelepasan Atau Pengalihan Hak Atas Pemilikan Rumah, Tempat Tinggal, Atau Hunian Oleh Orang Asing yang Berkedudukan di Indonesia. Aturan tertanggal 21 Maret 2016 itu merupakan elaborasi dari Peraturan Pemerintah (PP) No 103 tahun 2015 Pemilikan Rumah Tempat Tinggal atau Hunian Oleh Orang Asing yang Berkedudukan di Indonesia. “Jika ketahuan menyewakan kami akan cabut hak pakai yang bersangkutan,” tegasnya.

Ferry juga menjelaskan, kaum ekspatriat akan diberikan kemudahan dalam perpanjangan penggunaan hunian. Dia juga percaya, pembeli hunian adalah para ekspatriat yang memang menetap di Indonesia lantaran beraktivitas bisnis atau sedang bertugas. Lewat prinsip itu regulasi yang baru saja dikeluarkannya akan ikut mendorong bergairahnya ekonomi nasional termasuk di sektor properti.

Sebagai catatan, kaum ekspatriat yang dapat membeli properti adalah mereka yang memang memiliki izin untuk tinggal di Indonesia. Dalam PP 103/2015 perpanjangan hak pakai dapat dilakukan dalam tiga kesempatan dalam rentang waktu berbeda. Rentang waktu hak pakai itu mencakup 30 tahun, lalu bisa diperpanjang untuk rentang waktu yang sama. Dan, terakhir diperpanjang untuk rentang waktu 20 tahun.

infonitas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me