Jalan Tol Kanci-Pejagan Arah Semarang Bisa Dilalui Mudik Tahun Ini

Big Banner

BREBES, KOMPAS.com –  Jalan Tol Kanci-Pejagan, bagian dari Jaringan Tol Trans Jawa terus diperbaiki guna target operasi pada musim lebaran 2016.

Namun, PT Waskita Karya (persero) Tbk selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tersebut fokus pada satu jalur terlebih dahulu.

“Jalan Tol Kanci-Pejagan prioritasnya sebelum Lebaran datang adalah jalur A (Jakarta-Semarang) yang akan diselesaikan pengaspalannya pada 15 Juni 2016,” kata Kepala Cabang Integrasi Tol Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang Seksi I & II, Zulmarlian Iskandar, di Brebes, Senin (25/4/2016).

Secara total, pengaspalan Jalur A saat ini sudah mencapai 48 persen dari 80 persen kerusakan yang sudah diidentifikasi. Sementara itu untuk kedua jalurnya, pengaspalannya dijadwalkan selesai pada Maret 2017.

Kendati hanya bisa menyelesaikan pengaspalan pada satu jalur, Zulmarlian memastikan Tol Kanci-Pejagan bisa beroperasi pada arus mudik Lebaran tahun ini.

Meski bisa beroperasi, kemacetan ketika musim mudik lebaran tiba tetap tak bisa dihindari di ruas tol tersebut terlebih dalam tahap perbaikan.

“Kemacetan di ruas Tol Kanci-Pejagan berada di ujung Penjagan, tetapi dengan dioperasikannya ruas Tol Pejagan-Brebes Timur akan mengurai kemacetan di sana,” ucap Zulmarlian.

Terurainya kemacetan di ruas Tol Kanci-Pejagan, lanjut Zulmarlian akibat didistribusikannya lalu lintas kendaraan ke Gerbang Tol (GT) Brebes Timur sehingga yang biasanya menuju Purwakarta, Pantau Utara Jawa, dan Yogyakarta terpusat di Pejagan bisa menuju arah Brebes Timur.

Untuk pembayaran tol, telah disepakati akan terintegrasi dengan Ruas Tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II menggunakan sistem terbuka.

Artinya, pengemudi yang ingin melewati Tol Kanci-Pejagan dan hendak masuk ke Tol Pejagan-Pemalang bisa mengambil karcis atau tiket tol di GT Mertapada dan membayarnya di GT Brebes Timur.

Adapun tarif Tol Kanci-Pejagan saat ini sebesar Rp 24.000, sementara tarif Tol Pejagan-Pemalang masih menunggu penilaian layak operasi.

Pengelolaan Jalan Tol Kanci-Pejagan diambil alih dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut dengan porsi kepemilikan 75:25. Perbaikan jalan tol dilaksanakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

properti.kompas.com