Macam Manfat Minyak Eukaliptus Sebagai Pembersih Rumah

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Tidak hanya dapat menghangatkan tubuh, minyak eukaliptus juga berkhasiat membunuh kuman dan mikroorganisme. Selain dijadikan minyak, daun eukaliptus juga dijadikan bahan baku dalam permen pereda sakit tenggorokan seperti batuk atau radang. Bagian dari Eukaliptus yang memiliki manfaat lain  adalah getah yang kulit kayu pohon eukaliptus. Jadi cukup banyak ya, khasiat dari tanaman eukaliptus.

Nah, lebih dari tiga hal yang disebutkan tadi, minyak eukaliptus juga bisa menjadi cairan pembersih rumah Anda loh. Terdapat tiga khasiat yang dimiliki minyak eukaliptus sebagai cairan pembersih. Inilah khasiat-khasiat itu :

1. Dapat bersihkan dapur

Minyak eukaliptus yang mengandung zat pembunuh kuman dan mikroorganisme juga bisa digunakan untuk membersihkan peralatan dapur seperti oven microwave, sisi atas kompor tanam (hob), dan sink pencuci (washtafle).

Caranya, tuang minyak eukaliptus sebanyak dua sendok teh dalam botol berukuran sedang (350ml). Kemudian, campur dengan air dan kocok hingga minyak dan air bercampur. Hasilnya, Anda bisa lihat semua peralatan dapur akan mengkilau. Tidak hanya bersih, minya ini juga bisa memberikan aroma terapi yang segar.

2. Campuran pembersih 

Minyak eukaliptus juga bisa sebagai cairan pembersih bersifat umum, yang bisa dicampur dengan cairan pembersih lainnya seperti cuka dan deterjen cair untuk mencuci pakaian. Caranya, tuang minyak eukaliptus sebanyak 2 sendok teh, dan campur ½ cangkir cuka. Dan jangan lupa tuang secangkir air panas untuk melarutkan.

Bila Anda hendak mencuci pakaian, minyak eukaliptus juga bisa digunakan untuk membersihkan noda-noda pakaian. Caranya, tuang minyak eukaliptus sebanyak 6 sendok teh ke dalam bejana atau ember berisi tumpukan pakaian dengan kondisi direndam. Selain itu, agar lebih cepat luntur, campur dengan deterjen cair sebanyak 1/8 sendok teh.

3. Pembersih di ruangan kering

Minyak eukaliptus juga bisa menjadi pencegah ngengat atau rayap yang ada di lemari. Bahkan, juga bisa menghapus kotoran di laci atau sisi dinding lemari. Minyak eukaliptus ini bisa menjadi alternatif pengharum pengganti kapur barus di lemari. Caranya, oleskan setetes minyak eukaliptus pada setiap gantungan pakaian Anda, dan rasakan sensai aroma berbeda yang menenangkan.

Apakah di rumah Anda sering dihinggapi semut dan kecoa?

Nah, sekarang tidak perlu risau. Sebab, minyak eukaliptus juga bisa menghapus jejak-jejak penarik semut dan kecoa datang. Caranya, tuangkan minyak eukaliptus sebanyak 3 hingga 4 tetes pada kapas yang sudah dipadatkan hingga berbentuk bola. Kemudian, bola kapas tadi tempatkan di mana semut/kecoa berkerumun. Dengan sendirinya, semut dan kecoa akan berpindah.

Selain itu, minyak ini juga bisa menghapus sisa tempelan stiker yang menempel di kaca atau cermin dan bekas karatan besi yang sukar dihilangkan. Biasanya, bekas karatan besi tadi berada di permukaan lantai tepat di bawah lemari es. (YN)

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me