Transjakarta Akan Beroperasi 24 Jam dan Perpanjang Rute

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Hari ini, Senin (25/4), bus Transjakarta memulai rute pertamanya untuk tujuan Bekasi dan Depok. Perpanjangan rute ini untuk mengakomodir tingginya mobilitas warga dari dan menuju Jakarta dari dua kawasan penyangga Jakarta ini. Ada sekitar 40 bus yang beroperasi untuk rute Bekasi dan 30 bus untuk rute Depok.

Bus Transjakarta

Bus Transjakarta

“Untuk tahap awal segini dulu dan kita harapkan bisa bertambah. Rinciannya 20 bus dari Jakarta ke Bekasi Timur dan 20 bus ke Bekasi Barat, sementara untuk Depok hanya satu jalur. Beroperasinya dua tahap, pagi jam 5.00-9.00 dan sore jam 17.00-22.00, di luar jam ini bus yang beroperasi hanya sepertiganya,” ujar Andri Yansyah, Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, akhir pekan lalu.

Untuk rut ke ke kawasan penyangga Jakarta lainnya seperti Bogor masih dilakukan kajian terkait jarak tempuh dan besarnya tarif. Untuk rute Bekasi dan Depok  tarifnya  tidak ada perbedaan sebesar Rp3.500. Selain itu Transjakarta juga bersiap untuk mengoperasikan armadanya selama 24 jam nonstop. Pelaksanaannya dilakukan bertahap sesuai penambahan jumlah armada bus. Operasional 24 jam akan berlaku di seluruh kawasan penyangga, tidak terbatas di Jakarta.

“Saat ini interval bus antarhalte sudah cukup baik dan kita tengah menunggu tambahan 1.500 unit. Hingga minggu lalu jumlah bus kita sudah mencapai 600 unit, kalau yang 1.500 unit datang akan segera kita operasikan 24 jam. Harapannya jumlah bus dan jam beroperasi 24 jam ini akan bisa memenuhi mobilitas masyarakat pengguna transportasi umum,” imbuhnya.

Sebelumnya Pemprov DKI sudah meluncurkan bus Transjakarta khusus wanita. Bus khusus wanita ini beroperasi di koridor 1 Blok M-Kota, untuk sementara jumlahnya baru dua unit.  Hingga Mei mendatang jumlahnya akan bertambah menjadi 10 bus. Pengoperasian bus khusus wanita di koridor 1 ini karena jalur ini paling steril dan jumlah penumpang wanitanya paling banyak.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me