Mengintip Rumah Raden Saleh yang Kini Memprihatinkan

Big Banner

JAKARTA – Rumah Raden Saleh yang terletak di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat menjadi salah satu rumah yang melegenda. Pasalnya rumah seniman Indonesia yang kesohor di dunia internasional tersebut telah berdiri sejak 1852.

 

Bangunan tersebut merupakan bangunan satu-satunya yang dirancang oleh Raden Saleh di Indonesia, dan bangunan kedua yang dirancang setelah salah satu bangunan di Jerman.

 

Sejarah lain mencatat, rumah berukuran 2 ribu meter persegi lebih itu juga pernah disinggahi oleh Franz Ferdinand, pimpinan negara Austria-Hungaria ketika belum pecah.

 

Pada masa kependudukan Jepang di Indonesia, rumah tersebut dialih fungsikan menjadi sebuah rumah sakit khusus tentara Jepang. Rumah tersebut juga menjadi satu-satunya rumah besar di kawasan Cikini ketika pertama kali berdiri.

 

Hingga saat ini bangunan tersebut masih berdiri kokoh di antara himpitan gedung pencakar dan padatnya permukiman di Jakarta. Meski tampak merenta tak kuasa melawan waktu, akhirnya melalui inisiasi Pusat Dokumentasi Arsitektur (PDA), mulai tahun 2015 rumah tersebut di konservasi dengan sokongan dana tahap awal oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat.

 

Hasil penelitian mencatat, rumah tua tersebut mengalami sejumlah kerusakan berat yang memprihatinkan, terutama pada bagian struktur dan atap. Pada bagian dinding tampak sudah mengalami sejumlah keretakan, belum lagi di bagian lantai khususnya lantai dua yang terbuat dari kayu mengalami kerusakan cukup berat.

 

Berikut adalah penampakan dari beberapa bagian pada Rumah Raden Saleh yang kini memprihatinkan.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me