Kerusakan Utama Rumah Raden Saleh Terjadi di Struktur Bangunan

Big Banner

JAKARTA – Setelah dilakukan proses penelitian, dokumentasi, dan inventarisasi, terhadap Rumah Raden Saleh, di Cikini, Jakarta Pusat, ditemukan sejumlah kerusakan.

Rumah yang didirikan Raden Saleh, di kawasan Cikini pada sekira 1852 itu mengalami kerusakan utama di bagian struktur. (Baca juga: PDA Minta Rumah Raden Saleh Bisa Diakses Masyarakat Luas)

“Sebetulnya kerusakan utamanya hari ini kita harus memperbaiki strukturn, karena rumah ini bayangkan 1850an, masih menggunakan konstruksi yang sangat sederhana,” ujar Tim Leader Penelitian dan Pendokumentasian Rumah Raden Saleh dari Pusat Dokumentasi Arsitektur (PDA), Arya Abieta, di Jakarta, Selasa (25/4/2016).

Arya menceritakan, dirinya tidak heran jika struktur yang digunakan masih sangat sederhana, pasalnya Raden Saleh yang mendesain sendiri rumahnya tersebut memang bukanlah seorang arsitek.

“Dia (Raden Saleh) kan notabane-nya bukan seorang arsitek, jadi dia seorang seniman yang mencoba-coba kemudian didukung banyak artist lokal,” terang Arya.

Dia melanjutkan, salah satu kerusakan utama adalah terdapat di lantai, terutama di lantai dua. Pasalnya semua lantai terbuat dari kayu, bukan beton. (Baca juga: Rumah Pahlawan Raden Saleh Direnovasi Kedubes AS)

 

“Lantai kayu kan karena belum ada beton dulu, dan ternyata tidak seindah pikiran kami dan tidak seindah apa yang Raden Saleh pikirkan setelah kami analisa, makanya perlu di kasih teras di lantai dua,” jelasnya.

Dia mengatakan, salah satu tugas yang harus dilakukan PDA dan tim konservasi adalah membuat kayu-kayu di lantai kembali perform tanpa harus merusaknya sebagai lantai teras.

“Makanya lantai dua kami minta untuk tidak digunakan karena tidak bisa menjamin kekuatan dari strukturnya,” pungkasnya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me