Ini Dokumen Hasil Penelitian Rumah Raden Saleh

Big Banner

JAKARTA – Pusat Dokumentasi Arsitektur (PDA) yang bekerjasama dengan Kedutaan Besar Amerika untuk Indonesia menginisiasi perbaikan Rumah Raden Saleh.

PDA melakukan kegiatan dokumentasi, penelitian, dan inventarisasi kerusakan bangunan pada Rumah Raden Saleh.

Penelitian ini juga didukung oleh berbagai pihak melalui bantuan penelitian ekskavasi pondasi oleh BPCB Serang, serta 3D laser scan dan penelitian material bangunan oleh Balai Konservasi Borobudur. Dari hasil penelitian, berikut beberapa dokumen laporan hasil tersebut. (Baca juga: Rumah Pahlawan Raden Saleh Direnovasi Kedubes AS)

Dokumen gambar teknis, merupakan gambar teknis hasil pengukuran manual dan 3D laser. Gambar ini terdiri dari gambar blok plan, site plan, denah, tapak, potongan, dan detail elemen arsitektural, yang dilengkapi daftar elemen dan artefak.

Kemudian terdapat dokumen penelitian sejarah dan arsitektur, yang meliputi temuan data dan analisa, baik dari latar belakang sejarah pendirian bangunan, kepemilikan dan fungsi sejak didirikan hingga saat ini. Penelitian ini meliputi aspek langgam bangunan, detail elemen, ornament, dan analisa ruang-ruang.

Selanjutnya dokumen lain adalah analisis, diagnosis bangunan dan rencana manajemen konservasi. Dokumen ini meliputi kondisi bangunan, analisis, diagnosis kerusakan, serta rencana manajemen konservasi, kebijakan dan pedoman dalam melakukan konservasi. Pada bagian ini pula memuat laporan hasil analisi material bangunan dan investigasi.

Dokumen lainnya adalah eskavasi pondasi yang berisi tentang data dan analisa mengenai hasil eskavasi pondasi yang dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Serang. (Baca juga: Tahap Awal Konservasi Rumah Raden Saleh Butuh Rp200 Juta)

Yang terlahir adalah dokumen inventarisasi kerusakan yang memuat inventarisasi dan pemetaan kerusakan bangunan, yang dilengkapi denah kunci yang menunjukkan setiap lokasi kerusakan.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me