Yogya Segera Bangun 5.000 Rumah Murah

Big Banner

YOGYAKARTA – Masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki rumah di Yogyakarta kini mendapat kesempatan baru. Sebab, dalam waktu dekat akan dibangun perumahan murah.

Total rumah subsidi ini direncanakan mencapai 5.000 unit. Untuk tahap pertama, akan dibangun 600 unit rumah murah di kawasan Jalan Godean.

“Tahap pertama 600 dulu, nanti kita kembangkan lagi sampai mencapai target 5.000 unit rumah di Yogyakarta,” ucap Direktur Utama PT Dewi Sri Rejeki, Halim Sugiantoro selaku developer.

Menurut Halim, keputusannya membangun ribuan unit rumah murah bukan tanpa alasan. (Baca juga: Menyulap Ribuan Rumah Jadi Layak Huni Tanpa APBD)

Dia mengaku tergerak ambil bagian terutama setelah melihat program satu juta rumah murah yang dicanangkan pemerintah pada 2015 lalu, tidak tercapai.

Di samping itu, memiliki rumah bukan perkara mudah bagi warga Yogya yang memiliki penghasilan rendah, mengingat harga tanah melambung cukup tinggi. “Karena itu kita coba membantu pemerintah juga membantu masyarakat kecil yang tidak punya rumah,” katanya.

Luas tanah standar yang ditawarkan, kata Halim, adalah 60 meter persegi dengan luas bangunan 30 meter persegi terdiri dari dua kamar. Rumah ditawarkan dengan harga Rp116,6 juta dengan uang muka 10 persen.

Rumah seharga itu dapat diangsur melalui Bank BTN maksimal 20 tahun dengan besaran angsuran Rp700.000 lebih. Pendaftaran akan dibuka mulai 2 Mei mendatang, dan proses pembangunannya akan dimulaiSeptember2016. Syarat utamanya, penghasilan tidak lebih dari Rp4 juta sebulan. (Baca juga: Bangun 1.000 Rumah untuk Kalangan Menengah Bawah)

”Kita bangun bertahap. Tapi perkiraannya semua selesai paling lambat 1,5 tahun. Nanti begitu selesai dibangun langsung penyerahan kunci. Meski perumahan murah dan subsidi, tetapi kami ingin mencoba seperti konsep perumahan menengah ke atas,” katanya.

Dia menambahkan, perumahan murah yang akan dibangun diberi nama Godean Jogja Hill. Lokasinya berjarak 12 kilometer dari Kota Yogyakarta. ”Kita juga akan coba fasilitas tambahan seperti kolam renang untuk anak-anak, dan fasilitas pendukung lainnya,” tambahnya.

Sementara, Welly, perwakilan dari BTN Yogyakarta mengatakan, sejauh ini BTN sudah mendukung pembangunan rumah subsidi di sembilan titik di Yogyakarta dan lima titik di Purworejo. Untuk Yogyakarta, pembangunan rumah subsidi tersebar di Bantul, Gunungkidul, dan Kulonprogo, termasuk Sleman yang akan dimulai akhir tahun.

”Kalau yang sudah rata-rata unitnya 100-an. Sejauh ini, animo masyarakat cukup bagus. Bahkan, untuk pembangunan di Sedayu, Bantul tidak sampai tiga bulan sudah habis terjual,” kataya.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me