Tahap Awal Konservasi Rumah Raden Saleh Butuh Rp200 Juta

Big Banner

JAKARTA – Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) mendanai tahap pertama sebelum restorasi dan konservasi Rumah Raden Saleh, di Jalan Raden Saleh, Cikini, Jakarta Pusat.

Tahap pertama tersebut meliputi pendokumentasian dan penelitian terhadap bangunan tua yang telah berdiri sejak 1880 itu.

Duta Besar Amerika Serikat Robert O’Blake Jr mengungkapkan, dana yang dihibahkan oleh kedutaan senilai USD22 ribu atau setara dengan Rp200 juta lebih. (Baca juga: Rumah Pahlawan Raden Saleh Direnovasi Kedubes AS)

“Dana hibah hanya untuk tahap awal, untuk program ini khusus dari pendanaan keduataan, kita juga ingin mendorong pihak swasta dapat berkontribusi,” ucap Robert, dalam acara penyerahan dokumentasi penelitian eks Rumah Raden Saleh, di Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Robert mengatakan, pendanaan tersebut merupakan ujud dari penghormatan terhadap kebudayaan Indonesia. Dia pun berharap agar kerjasama bisa terjalin tidak hanya sampai disini.

Untuk diketahui, saat ini Rumah Raden Saleh akan dijadikan sebagai cagar budaya setelah dilakukannya konservasi dan restorasi terhadap bangunan. Setelah pendokumentasian dan penelitian, tahap selanjutnya adalah persiapan untuk pemugaran.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me