Rumah Pahlawan Raden Saleh Direnovasi Kedubes AS

Big Banner

JAKARTA – Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia menyerahkan dokumentasi dan hasil penelitian terhadap eks Rumah Raden Saleh kepada Yayasan Kesehatan PGI Cikini.

Rencananya rumah seniman tersohor asal Indonesia ini akan dikonservasi. Penelitian sendiri dilakukan oleh Pusat Dokumentasi Arsitektur (PDA) yang dimulai sejak 2015 sampai awal 2016.

“Proses penyerahan dokumen ini menandai dimulainya restorasi bangunan bersejarah ini, saya berterima kasih kepada Yayasan PGI dan PDA,” ujar Duta Besar Amerika Serikat, Robert O’Blake Jr, di Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Robert melanjutkan, pihaknya akan terus mendukung pelestarian situs bersejarah di Indonesia. Melalui implementasi proyek konservasi ini, menjadi tanda penghormatan AS kepada budaya Indonesia. (Baca juga: Rumah Bersejarah di Inggris Dibanderol Rp39,5 Miliar)

“Besar harapan kami situs ini dapat berkontribusi juga terhadap nilai dan pariwisata Indonesia juga, kami sengaja memilih proyek ini karena Raden Saleh merupakan seniman Indonesia yang telah mendunia,” tambah Robert.

Setelah dokumentasi dan hasil penelitian diserahkan, tahap selanjutnya dalam rangka proyek konservasi ini adalah pemugaran terhadap beberapa kerusakan yang terjadi di Rumah Raden Saleh.

Hadir dalam acara penyerahan, selain Duta Besar Amerika, juga Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Ketua Pengurus Yayasan Kesehatan PGI Cikini.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me