Lagi, PUPR Bangun Rusunawa untuk Mahasiswa di Surabaya

Big Banner

Surabaya, mpi-update. Dalam upaya meningkatkan sarana dan prasarana di bidang pendidikan di Indonesia. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) membangun satu twin block Rumah Susun Sewa untuk mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk memiliki tempat tinggal sementara yang nyaman untuk belajar.

“Rusunawa ini diharapkan agar mahasiswa bisa belajar hidup di hunian vertikal. Mereka bisa belajar dengan fokus karena tempat tinggalnya dekat kampus,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin saat meresmikan penghunian Rusunawa  tersebut , Jawa Timur, belum lama ini.

Dikutip dari situs resmi kemen PUPR Syarif menjelaskan, adanya program pembangunan Rusunawa merupakan intervensi pemerintah dalam meningkatkan sarana dan prasarana di bidang pendidikan di Indonesia. Apalagi saat ini Indonesia sudah masuk dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang menuntut kompetisi dalam berbagai bidang termasuk pendidikan.

“Kalau mahasiswa kita bisa menjadi sarjana-sarjana yang berkualitas karena mereka fokus belajar di Rusunawa tentunya generasi muda Indonesia ke depan tentu bisa bersaing dalam MEA. Kalau tidak dimulai dari sekarang tentu kita bisa kalah bersaing,” terangnya.

Rusunawa mahasiswa Unipa dibangun oleh Satuan Kerja Penyediaan Rumah Susun Strategis Direktorat Rumah Susun Ditjen Penyediaan Perumahan. Bangunan setinggi empat lantai dengan dominan warna putih tersebut memiliki luas bangunan 1.520 meter persegi.

Selain itu, jumlah unit kamarnya berjumlah 50 unit tipe 24 dengan ukuran panjang 5,5 meter dan lebar 4,25 meter per unit kamar dan sudah lengkap dengan fasilitas pendukung seperti listrik, air dan meubelairnya.

Untuk anggaran pembangunan Rusunawa mahasiswa tersebut senilai Rp 10,85 Milyar. Sedangkan untuk pengadaan meubelairnya sekitar Rp 665 juta.

“Nantinya setiap kamar sudah dilengkapi dengan meubelair seperti tempat tidur, lemari pakaian, meja dan kursi belajar. Saat ini setiap kamar dihuni oleh dua mahasiswi sehingga Rusunawa tersebut dapat menampung sekitar 100 mahasiswi, terangnya.

Sementara itu, Rektor Unipa Djoko Adi Walujo mengungkapkan pihaknya berterimakasih kepada Pemerintah atas bantuan Rusunawa untuk mahasiswa. Pasalnya saat ini banyak mahasiswanya yang berasal dari luar kota yang tinggal di kos-kosan sekitar kampus yang kondisinya terlihat kurang layak.

Untuk mempermudah pengawasan dalam penghunian Rusunawa tersebut pihak kampus juga telah membentuk badan pengelola Rusunawa sehingga para penghuni dapat diatur dengan baik serta membuat tata tertibnya.

“Rusunawa ini akan kami peruntukkan khusus untuk mahasiswi saja. Kami juga membentuk badan pengelola sehingga pemeliharaan Rusunawa ini bisa berjalan dengan baik,” terangnya.

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me