Terminal Salerno Rancangan Mendiang Zaha Hadid Resmi Beroperasi

Big Banner

KOMPAS.com – Diresmikan pada tanggal 25 April, Terminal Salerno Maritime, Italia, hasil karya arsitek Zaha Hadid Architects adalah bagian integral dari rencana perkotaan.

Wali Kota Vincenzo De Luca, sekarang gubernur Campania Region, memulai proyek ini, dan berlanjut di bawah wali kota Vincenzo Napoli.

Proyek ini diawali pada 1993 dan menargetkan pembangunan untuk regenerasi sosial, ekonomi dan lingkungan kota.

Zaha Hadid Architects kemudian memenangkan kompetisi internasional pada tahun 2000 untuk merancang terminal baru tersebut.

Selama kunjungannya ke terminal baru, Perdana Menteri Italia Matteo Renzi memberikan penghargaan kepada Zaha Hadid.

“Kerja yang luar biasa ini menambah daya saing Salerno untuk mengubah wajahnya. Ini juga merupakan cara mengingat arsitek besar seperti yang Zaha Hadid lakukan,” kata Renzi.

Terminal Salerno Maritime

Terminal baru tersebut menghubungkan tradisi maritim yang kaya dengan pola perkotaan bersejarah dan bukit-bukit yang membingkai kota.

Seperti kerang, pelindung terminal yang keras, dan asimetris melindungi unsur-unsur yang lebih lembut di dalamnya.

Struktur luarnya melindungi penumpang dari matahari Laut Mediterania yang bersinar secara intensif selama musim wisata.

Terminal maritim baru ini terdiri dari tiga komponen utama: kantor administrasi untuk kontrol perbatasan nasional dan jalur pelayaran; terminal untuk feri internasional dan kapal pesiar dari seluruh dunia; serta terminal untuk feri lokal dan regional.

Desain dermaga memudahkan penumpang mendekati terminal dari kota. Desain ini menunjukkan jalan yang miring tetapi landai secara bertahap di dalam gedung sehingga menuntun penumpang naik ke kapal-kapal besar atau feri.

Penataan interior terminal mengarahkan penumpang melalui urutan ruang interior yang mengalir ke satu sama lain. Ruang interior ini juga diorganisasi di sekitar titik fokus seperti restoran dan ruang tunggu.

Penumpang feri lokal dan regional bergerak melalui terminal dengan cepat, tiba di lantai dasar dan naik dengan landai untuk mencapai pintu masuk atas kapal.

Sementara penumpang yang bepergian dengan feri internasional dan kapal pesiar akan dipandu setelah melalui proses check-in, pengecekan paspor, keamanan dan kontrol bea cukai untuk kapal mereka.

Pada malam hari, cahaya dari terminal dekat pintu masuk pelabuhan akan bertindak sebagai mercusuar yang menyambut pengunjung ke kota.

Terminal baru beroperasi, baik secara fungsional dan visual, sebagai transisi yang mulus antara daratan dan lautan. Hal ini ditunjukkan dari formasi tanah pantai antara padat dan cair.

Dari teras dan jendela, terminal ini menawarkan pemandangan Pantai Amalfi, Teluk Salerno dan Cilento. Positano, Capri, Paestum dan Pompeii juga dekat.

Terminal baru akan sangat meningkatkan aksesibilitas dan pengalaman bagi pengunjung untuk mengenal atraksi budaya, pantai daerah dan pedesaan.

Terminal Salerno Maritime baru kemungkinan bisa meningkatkan kedatangan feri dan kapal pesiar dengan 500.000 penumpang tambahan setiap tahun.

Hal ini diprediksi akan menciptakan hingga 2.000 pekerjaan baru di perhotelan kota, jasa dan sektor ritel.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me