Tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II Siap Sambut Lebaran 2016

Big Banner

BREBES, KOMPAS.com – Salah satu ruas jalan tol yang termasuk Jaringan Tol Trans Jawa yakni Tol Pejagan-Pemalang saat ini tengah dikebut penyelesaiannya untuk Seksi I dan II (Pejagan-Brebes Timur) dari total empat seksi yang direncanakan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan Tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II sepanjang 20,2 kilometer dapat dioperasikan bulan Mei atau lebih cepat dari rencana penyelesaian semula bulan Agustus 2016.

Hal tersebut guna mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat pada musim Lebaran, Juni 2016 nanti.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di sepanjang ruas Pejagan-Brebes Timur, pembangunan jalannya sendiri sudah 100 persen selesai dengan pekerjaan konstruksi masih terlihat di Gerbang Tol (GT) Brebes Timur.

Saat ini ruas tol tersebut tengah ditinjau kelayakannya oleh Tim Layak Operasi yang terdiri dari gabungan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian PUPR, dan Kementerian BUMN.

“Nanti ini akan diperiksa dulu kelaikannya oleh Tim Layak Operasi dan dalam waktu seminggu atau dua minggu keluar rekomendasi dari tim itu bahwa ruas tol ini layak operasi atau tidak,” tutur Kepala Bagian Umum Sekretariat BPJT, Mahbullah Nurdin, di Brebes, Senin (25/4/2016).

Jika belum layak, lanjut Nurdin, akan segera diperbaiki hal-hal yang kurang dari ruas tol tersebut.

Menurut Nurdin, biasanya yang dilihat oleh Tim Layak Operasi sebelum menentukan sebuah tol bisa digunakan di antaranya adalah kekerasan jalan, kekesatan jalan, dan pengaman jalan di pinggirnya.

Penilaian dari Tim Layak Operasi juga bisa menentukan keluarnya tarif Tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II.

“Untuk tarif harus menunggu penilaian itu supaya Peraturan Menteri (Permen) keluar untuk tarifnya, mudah-mudahan seminggu setelah peresmian pada Mei 2016 bisa keluar tarifnya itu,” jelas Nurdin.

Kendati demikian Nurdin optimistis Tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II sudah siap semua dan bisa beroperasi secepatnya pada Mei 2016.

Senada dengan Nurdin, Pimpinan Proyek Tol Pejagan-Pemalang, Mulya Setiawan menjamin Seksi I dan II ruas Pejagan-Brebes Timur siap digunakan untuk musim mudik Lebaran 2016.

Jalan Tol Pejagan-Pemalang memiliki panjang 57,50 kilometer dan terdiri dari empat seksi yaitu Seksi I (Pejagan-Brebes Barat)-14,20 kilometer, Seksi II (Brebes Barat-Brebes Timur)-6 kilometer, Seksi III (Brebes Timur-Tegal Timur)-10,40 kilometer dan seksi IV (Tegal Timur-Tegal Barat)-26,90 kilometer.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me