Efek “Sihir” Bunga Dahlia di Taman

Big Banner

Dahlia merupakan bunga indah dengan berbagai warna, mulai dari jingga, putih, ungu, merah, kuning, hingga violet. Mahkota bunga dahlia ini juga merupakan perpaduan berbagai warna.

Menghiasi taman dan halaman rumahmu dengan bunga ini akan membuatnya semakin semarak. Namun, sebelum kamu mengembangbiakannya, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu bunga yang satu ini.

Dahlia merupak bunga yang berasal dari Meksiko. Bunga ini memiliki banyak spesies, di antaranya Dahlia pinnata, Dahlia coccinea, Dahlia variabilis, dan Dahlia juarezii

Dahlia juarezii merupakan cikal bakal semua spesies bunga dahlia yang ada saat ini. Bunga ini mendapat nama dari ahli Botani Abad 18 asal Swedia, Anders Dahl.

Baca juga: Tiga Jurus Jitu untuk Tama  n Menawan

Selain dapat dikembangbiakkan sebagai tanaman hias, Dahlia dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan pangan berserat tinggi.

Dahlia mengandung hampir 70% pati berbentuk inulin. Jika difermentasi dengan enzim tertentu, inulin bisa berubah menjadi fruktosa.

Fruktosa dapat digunakan untuk pengawetan makanan atau pembuatan sirup. Inulin ini merupakan komponen dengan serat yang tinggi.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Akuarium

Menanam dahlia tidaklah sulit. Selain dengan benih, dahlia juga dapat dibiakkan dengan cara stek.

Tak perlu khawatir jika kamu tak memiliki cukup lahan di rumahmu, karena dahlia dapat ditanam di dalam polybag. Tanamlah dahlia pada tempat yang terkena cukup sinar matahari.

Dahlia memerlukan cahaya matahari yang berlimpah dengan keasaman tanah yang ideal pada pH enam hingga delapan.

Proses perawatannya relatif sama dengan tumbuhan lainnya, namun tambahkan penjarangan dan penyiangan. Penjarangan dibutuhkan agar diameter bunga mencapai maksimum. Sedangkan penyiangan, agar sesuai dengan pertumbuhan gulma. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me