WikiHouse, Aplikasi untuk Membangun Rumah

Big Banner

Familiar dengan aplikasi kendaraan berbasis daring? Kini, rumah pun memiliki aplikasi yang nyaris serupa. Adalah WikiHouse, sebuah aplikasi pembuatan rumah berkelanjutan dan terjangkau yang digagas oleh Alastar Parvin.

WikiHouse merupakan bentuk nyata dari ketidaksetujuan Parvin akan smart home yang memakan banyak tenaga karena fitur-fiturnya.

Aplikasi ini sekaligus merombak pengertian mengenai smart home yang melulu mengenai teknologi otomatis dalam rumah yang dianggap memudahkan penghuni rumah.

Mengutip dari BBC, Parvin mengatakan, “Ada sebuah kesalahan mendasar pada ekonomi perumahan kita, yakni membuat massal rumah tak ramah lingkungan yang sangat sedikit saja dari kita yang dapat membelinya.”

Ia menambahkan, “Kita tengah dihadapkan pada sebuah tantangan. Bukan hanya tentang membangun rumah yang memenuhi kebutuhan akan hunian, melainkan juga melepas ketergantungan kita pada bahan bakar dan kecerobohan,” ujarnya.

Untuk merencanakan sebuah rumah, pengguna hanya tinggal mengunjungi situs WikiHouse, yang kini masih under construction. Tinggal memasukkan perkiraan ukuran tinggi dan lebar rumah, lalu sistem akan menghitung berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk sebuah rumah. Praktis, bukan? (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me