Manfaat Lain Dari Garam Selain Sebagai Bumbu Dapur

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Garam adalah salah satu bahan yang sering digunakan untuk menambah cita rasa makanan ataupun masakan, dan tak heran bila tiap rumah pasti memiliki persediaan garam, baik itu untuk memasak ataupun untuk keperluan yang lainnya.

Konsumsi garam yang cukup dapat memenuhi kebutuhan gizi dan mineral tubuh. Tapi tahukah Anda bahwa bubuk putih yang satu ini memiliki 12 fungsi lainnya.  Simak artikel di bawah ini :

  1. Menghilangkan bau di tangan Anda

Sesudah memasak, sisa bumbu yang menempel pada tangan akan meninggalkan bau apek yang tidak sedap. Bau ini bisa dengan mudah dihilangkan dengan menggosokan tangan ke campuran garam dan cuka.

  1. Mengawetkan keju

Keju cenderung mudah kedaluwarsa meski sudah diletakkan di dalam kulkas. Cara praktis untuk sedikit memperpanjang umur keju adalah dengan membungkusnya kedalam kain yang dibasahi air garam.

  1. Membersihkan wastafel

Wastafel mudah kotor dan bau jika beberapa minggu tidak disikat. Coba lakukan pembersihan alami dengan menaburkan garam yang dicampurkan air panas ke seluruh permukaan untuk menghilangkan bau dan mencegah penumpukan minyak.

  1. Membersihkan panci berminyak

Peralatan masak yang terbuat dari besi ternyata dapat dibersihkan dengan taburan garam dan tisu kertas (tisu makan).

  1. Membersihkan noda cangkir

Campurkan garam dengan sabun pembersih cair untuk membuat scrub lembut yang menghilangkan noda bekas teh dan kopi yang tertinggal di mulut cangkir.

  1. Menghilangkan karat

Punya peralatan logam dan besi yang mulai berkarat? Garam bisa menghapus karat dengan perlahan jika dicampurkan dengan krim atau mayones.

Caranya dengan digosokkan ke noda karat tersebut, kemudian biarkan kering. Akhiri dengan menggosok lagi menggunakan kain lembut.

  1. Menghilangkan noda

Jika Anda tidak sengaja menumpahkan segelas sirup atau air berwarna, hapus dan gosok segera dengan sejumput garam. Garam berfungsi menarik noda dari serat kain. Diamkan sekitar satu jam atau lebih, kemudian bilas dengan air dingin sebelum dicuci.

  1. Mencerahkan warna

Jangan khawatir warna baju atau gorden kesayangan Anda memudar setelah dicuci. Dengan menambahkan segenggam garam pada air rendaman cucian, dijamin akan mencerahkan warna aslinya.

  1. Mengusir jamur

Jika ada noda yang bisa menyebabkan jamur pada pakaian Anda, segera lembabkan garam dan air lemon pada bagian tersebut. Kemudian biarkan mereka meresap di bawah sinar matahari, metode ini juga bisa membuat kain memutih alami.

  1. Mengusir semut

Jaga rumah Anda terhindar dari semut-semut nakal dengan menaburi area pintu masuk atau jendela dengan garam.

  1. Menjaga bunga tetap segar

Sejumput garam yang ditambahkan ke dalam vas bunga Anda ternyata dapat menjaga bunga segar lebih lama.

  1. Meredakan luka gigitan nyamuk

Setelah digigit nyamuk atau serangga lain yang membuat gatal dan panas, coba bilas kulit dengan air garam untuk meredakan luka. (YN)

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me