Membersihkan Shower Dari Bakteri

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Anda tentu tidak menyangka bahwa shower yang biasa Anda gunakan pada saat mandi, bisa membahayakan kesehatan Anda bila tidak dibersihkan secara rutin. Ada bakteri merugikan yang bersarang di sana.

Dilansir dari Time.com, Norman Pace, Peneliti Microbiologis dari Universitas Colorado-AS, menemukan jenis bakteri bernama Mycobacterium avium pada bagian kepala shower.

Jenis bakteri tersebut serupa dengan penyebab penyakit Tuberculosis (TB) dan penyebab infeksi pada paru-paru.

Penelitian tersebut dilakukan kepada 45 shower di kamar mandi pada sebuah universitas di New York.

Penelitian dilakukan pada saat pagi hari, setelah semalam tidak dipergunakan. Hasilnya, ditemukan bakteri yang membentuk lapisan tipis dan lengket berupa “biofilm”.

Bakteri tersebut akan terseret aliran air yang mengucur dari shower dan menempel di badan Anda. Selain itu, jika Anda menghirup udara yang dihasilkan dari tetesan air, maka bakteri avium akan langsung masuk ke paru-paru.

Untuk menghindari hal-hal yang bisa membahayakan kesehatan Anda, sebaiknya Anda harus rajin membersihkan shower. Berikut tips cara membersihkan shower agar terbebas dari bakteri yang bisa Anda kerjakan sendiri di rumah.

Gunakan air cuka

Membersihkan shower sedikit berbeda jika dibandingkan dengan komponen sanitasi kamar mandi lainnya. Jika sebagian bisa dilakukan hanya dengan penyikatan menggunakan cairan pembersih atau pemutih, khusus shower ternyata tidak efektif dengan cara seperti itu.

Cara yang paling efektif adalah mengeluarkan shower dari pipanya. Kemudian, bongkar seluruh unit. Setelah dibongkar, siapkan wadah berupa bejana atau ember yang sudah berisi air panas bercampur air cuka putih.

Rendam sekitar 20 menit sampai 30 menit. Pastikan bahwa pelat bagian kepala pancuran benar-benar tenggelam di bawah permukaan cuka.

Setelah direndam, angkat satu-satu unit shower, dan bilas menggunakan air bersih hangat. Tujuannya, agar menghilangkan sisa-sisa kotoran yang menempel. (YN)

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me