Bercocok Tanam Dalam Rumah

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-jika Anda ingin berkebun tidak perlu lahan yang kluas. Dirumah pun Anda dapat berkebun dengan menanam tanaman yang bermanfaat untuk Anda. Seperti bunga, tanaman obat-obatan dan lain sebagainya. Anda dapat memanfaatkan pekarangan rumah yang sempit. Misalnya dengan menempatkan tanaman di dalam pot –pot.

Persiapan Media Tanam

1.      Letakan beberapa pecahan batu merah (sebagai pengikat air) di dasar pot
2.      Isi pot dengan campuran tanah yang ideal untuk tiap-tiap jenis
a.       Campuran umum; pasir 1/3 bagian, tanah 1/3 bagian, 1/3 bagian pupuk kandang
b.      Campuran untuk jenis suka kering; pasir ½ bagian, 1/2 bagian pupuk kandang 
c.       Campuran untuk jenis suka lembab:tanah ½ bagian, 1/2 bagian pupuk kandang
3.      Media siap untuk ditanami.

Cara Pengepotan Yang Baik :

–  Pilihlah pot tanaman dan media tumbuh yang sesuai dengan tanaman yang akan Anda potkan. Pot juga harus disesuaikan dengan tempat dimana dan bagaimana pot tersebut diletakkan.
–  Bila pot dan media yang telah disiapkan tersedia, pastikan pot memiliki lubang drainase yang cukup. Isikan media kurang lebih 1/3 bagian pot. masukkan tanaman, usahakan media asal yang menempel pada tanaman masih ada, agar tanaman tidak mengalami stres saat beradaptasi dengan media yang baru.
–  Tambahkan lagi media tanam, sambil tanaman dipegang terus dengan sebelah tangan. Setelah hampir penuh, tekan media perlahan-lahan dengan ibu jari agar tanaman dapat berdiri kokoh. Pot jangan diisi sampai penuh, sisakan sekitar 2 cm dari bibir pot agar mudah waktu melakukan penyiraman.

Setelah pengepotan selesai, siramlah tanaman secukupnya. Dinding luar dan dasar pot dibersihkan dari kotoran dan media tanam yang masih menempel sebelum diletakkan pada tempat yang diinginkan.

Selamat Mencoba. (YN)

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me