SCG Kembangkan Material Ramah Lingkungan

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Perusahaan bahan bangunan Thailand, SCG,terus melakukan kampanye mengenai produk ramah lingkungan melalui produknya yang diberi nama Tra Chang by SCG. Produk tersebut diperkenalkan ke publik melalui serangkaian kampanye dengan tema progressive living dengan mengambil tempat di kawasan pantai Bangsaen, Saensuk, di Chonburi, Thailand. Menurut Brand Director SCG Cement-Building Materials, Anuvat Chalermchai, Tra Chang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan bahan bangunan yang disesuaikan dengan kebutuhan hidup masyarakat. Ada delapan kategori produk yaitu semen Portland, genteng dan aksesorinya, papan fiber semen, pengganti kayu, isolasi, hardscape, pipa pvc, dan bar baja.

“Sejak tahun 2014 kami meluncurkan kampanye pemasaran dengan tema progressive living untuk mengomunikasikan produk Tra Chang by SCG. Untuk itu tiga prototipenya dibangun di kawasan Pantai Bangsaen bekerja sama dengan arsitek lokal Thailand yang juga merupakan bagian dari program CSR perusahaan,” ujarnya kepada sejumlah awak media dari Indonesia di Chonburi, Thailand, Selasa (26/4).

Live for Reading Room

Live for Reading Room

Tiga prototipe itu adalah Live for Reading Room yang dirancang Duangriit Bunnag. Bangunan ini serupa pavilion berbentuk kotak yang berfungsi sebagai perpustakaan. Konsepnya menyatu dengan alam sehingga pengunjung dapat merasakan hembusan angin pantai kendati berada di dalam bangunan. Material yang digunakan antara lain Translucent Sheet dari SCG untuk bagian atap dan dinding yang tetap dapat memasukan cahaya natural. Di dalam ruangan ini pengunjung dapat membaca dengan nyaman namun tetap hemat energi.

The Flow

The Flow

Bangunan kedua adalah The Flow yang dirancang oleh Twitee Vajrabhaya Teparkum. Bentuknya berupa pavilion serbaguna atau semacam plaza yang bisa digunakan untuk menikmati panorama laut dan alam sekitarnya. Lantainya dibuat lebih tinggi menyerupai panggung dan yang paling menarik desain atapnya dengan pengaturan spasi sehingga sirkulasi udaranya lebih optimal.

Atapnya menggunakan material Translucent Sheet dan Smart Board by SCG dengan rancangan berlubang yang membuat ruang di bawahnya terasa teduh.  Material semennya diberikan aditif  khusus sehingga tahan terhadap keasaman dan kadar garam tinggi sehingga tetap aman kendati berada di pinggir pantai.

The-Labyrinth-(1)
The-Labyrinth-(2)

Ketiga, The Labyrinth hasil rancangan Pitupong Chaowakul. Bangunan ini berupa anak-anak tangga dengan susunan saling silang dan tidak beraturan (asimetris) yang membentuk semacam labirin. Tujuan dari bangunan ini untuk mendapatkan view yang lebih tinggi sekaligus berolahraga bersama seluruh keluarga sambil menikmati lingkungan. The Labyrinth difokuskan untuk menciptakan struktur kuat dengan semen Portland. Rancangan jalur orang dengan tangga melingkar ini disebut juga dengan 10 Calorie Tower karena untuk mengelilinginya kalori dipastikan akan terbakar.

“Ini semua untuk memberikan inspirasi bagi arsitek-arsitek muda maupun para pelajar. Kami siap mengajak siapapun berbagi ide dan inspirasi untuk membuat bangunan dengan bahan material SCG dan terus mendorong kualitas hidup masyarakat. Ketiga bangunan ini sejak dibuat tahun 2014 tidak di- maintenance sama sekali tapi masih sangat baik,” terang Anuvat.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me