Bogor Ikut Kompetisi Most Lovable Sustainable City

Big Banner

BOGOR – Kota Bogor, Jawa Barat menjadi salah satu kontestan kompetisi global “We Love Cities” yang diinisiasi oleh World Wildlife Fund (WWF), untuk memenangkannya membutuhkan partisipasi warga guna mendukung kotanya menjadi “The Most Lovable Sustainable City”.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menerbitkan Surat Edara (SE) yang ditujukan kepada seluruh dinas, instansi, BUMD, swasta dan masyarakat untuk mendukung kampanye tersebut sehingga Bogor dapat dinobatkan sebagai kota yang berkelanjutan.

“Melalui surat edaran ini seluruh instansi, lembaga dan masyarakat diingatkan bahwa kompetisi ini membutuhkan dukungan semua pihak termasuk warga Kota Bogor. Tanpa itu, pembangunan di kota ini tidak bisa berjalan dengan baik,” kata Bima, Rabu (27/4/2016).

“Harus ada respons yang baik dari masyarakat agar Bogor menjadi The Most Lovealbe Sustainable City”,” lanjutnya.

Dia mengatakan, sejalan dengan kompetisi ini, Kota Bogor memiliki komitmen kuat menuju kota yang berkelanjutan melalui berbagai program mulai dari penataan transportasi, mengurangi emisi gas rumah kaca yang ditargetkan turun sebesar 29 persen pada tahun 2020.

Berbagai upaya telah dilakukan menjadikan Bogor kota yang berkelanjutan, pengelolaan sampah berbasis masyarakat dengan mendirikan bank sampah, TPS 3R, penanaman pohon dan pembuatan lubang biopori yang jumlah mencapai satu juta lubang.

“Jumlah penduduk Kota Bogor mencapai satu juta orang, saya optimistis dukungan warga banyak yang cinta dengan Bogor, ada tiga juga pengguna jaringan telekomunikasi di Bogor, dan banyak warga yang menggunakan sosial media,” katanya.

Bima optimistis Bogor menjadi kota yang dicintai, berkaca pada pengalaman penerapan Sistem Satu Arah yang menjadi tranding topik di sosial media. Dia berharap, hal tersebut juga terjadi dalam dukungan di We Love Cities” untuk Kota Bogor.

Direktur Komunikasi dan Advokasi WWF Indonesia I Nyoman Iswara Yoga menjelaskan “We Love Cities” merupakan kampanye global di media sosial yang bertujuan mengangkat beragam solusi dalam mewujudkan kota berkelanjutan dan memobilisasi dukungan publik untuk inisiatif-inisiatif tersebut.

Kampanye “We Love Cities” diinisiasi oleh WWF sejak 2014, sejalan dengan ajang penghargaan Earth Hour City Challenge (EHCC) yang telah diselenggarakan sejak 2010 lalu. Kota Bogor menjadi salah satu dari tiga kota (DKI Jakarta, dan Balikpapan) di Indonesia yang mengikuti kompetisi ini bersama 47 kota dari 21 negara.

“Kampanye “We love cities” mengundang sebanyak-banyaknya partisipasi warga melalui sosial media, untuk mendukung kotanya atau kota favoritnya,” kata Nyoman.

Dia menjelaskan, terdapat tiga kanal yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk memberikan dukungan kepada kotanya maupun setiap kota peserta yang disukainya.

Kanal pertama, memberikan vote melalui halaman situs internet www.welovecities.org yang terhitung mulai 26 April hingga 19 Juni 2016. Voting dapat dilakukan berulang kali dari perangkat elektronik yang sama dengan batasan satu kali dalam 24 jam.

Kedua, mengunggah foto, video, teks, artikel, gambar ilustrasi atau konten media sosial lainnya di akun media sosial Facebook, Instagram dan Twitter dengan tanda pagar (tagar) kota yang didukung dan tagar #WeLoveCities.

“Ketiga, memberikan saran, usulan atau pun kritik yang membangun mengenai aksi-aksi nyata yang dapat dilakukan oleh kota-kota peserta sehingga mampu menjadi kota yang berkelanjutan,” katanya.

Dia mengatakan, ajang ini merupakan perayaan global untuk kota berkelanjutan yang plaing dicintai oleh masyarakat. Diharapkan melalui ajang ini bisa mengawali semangat masyarakat untuk lebih mencintai kotanya sendiri.

Pengumuman kota favorit dalam kampanye ini akan dilakukan pada 22 Juni 2016 mendatang bersamaan dengan kota-kota terpilih dalam EHCC 2016 yang akan dilaksanakan di Ekuador.

property.okezone.com