10 Siasat “Luaskan” Rumah Mungil

Big Banner
Foto: Grya.co.id

Rumah kecil atau mungil bisa tetap nyaman kamu huni kalau kamu pintar menatanya. Pemilihan furnitur dan elemen yang tepat, serta akses ruangan yang tepat akan membuat ruang kecil menjadi lapang.

Dikutip dari housebeautiful.com, berikut ini adalah 10 langkah untuk membuat hunianmu yang terbatas menjadi lapang.

  1. Furnitur yang tepat

Memilih furnitur untuk ruangan yang kecil, kamu haruslah selektif. Jika kamu salah memilih, justru akan menambah sesak ruangan.

Semisal kamu memilih furnitur untuk menaruh buku, pilih yang rendah. Hindari memilih rak buku yang tinggi yang akan menutup separuh dari ruanganmu.

  1. Warna kontras untuk fokus perhatian

Terapkan focus of interest di ruangan rumah mungilmu. Hal ini  gampang-gampang susah. Fokus ruang dapat lebih mudah dibuat dengan cara menempatkan sebuah unsur yang kontras dengan latar belakangnya. Semisal, warna kontras di balik pintu masuk.

  1. Kursi tanpa sandaran tangan

Kursi dan sofa tanpa sandaran tangan sangat tepat untuk ruangan mungil. Hal ini membuat ruang terasa lebih terbuka. Pastikan kamu tidak meletakkan banyak furnitur di ruangan sempit, karena akan terlihat penuh.

4. Letak tempat tidur di tengah 

Penempatan tempat tidur berdempetan dengan dinding dengan maksud menghemat ruang, ternyata langkah yang salah. Sebaiknya justru ditempatkan di tengah, sehingga memberikan kesan lapang dan nyaman.

5. Pembatas yang jelas antar-ruang

Jika ruangan terasa monoton di rumah mungil, kamu dapat membuat hal beda di tiap ruang. Misalnya membagi ruang tamu dengan memberikan warna cat atau wallpaper yang berbeda.

Kamu juga bisa menempatkan karpet yang motifnya beda untuk membagi ruangan.

6. Gantungkan tirai dekat langit-langit 

Garis vertikal memberikan kesan tinggi dan lapang. Coba kamu gantungkan gorden dekat dengan langit-langit ruangan, maka akan memberikan kesan luas dan tinggi.

7. Tempatkan rak terbuka di dapur 

Model lemari tertutup dapat memperburuk tampilan dapur kecil. Pilihlah rak terbuka yang memperlihatkan tumpukan piring atau elemen interior yang artistik.

8. Pilih meja berbentuk oval 

Meja berbentuk persegi memiliki sudut tajam dan runcing tak tepat untuk ruangan mungil. Sebaiknya pilih meja dengan bentuk oval yang tepinya melengkung, sehingga penghuni rumah bisa bisa leluasa berlalu-lalang.

9.  Buat pola bergaris di penutup lantai 

Untuk menciptakan kesan lapang di ruangan sempit, bisa memainkan pola atau motif bergaris pada penutup lantai. 

10.  Gunakan pintu kaca 

Gunakan pintu kaca maupun lemari kaca di rumah mungilmu. Hal ini akan membuat kesan pandangan lebih luas dan menambah pantulan cahaya di rumah. Bahan kaca merupakan solusi bagus untuk menerangi ruang penyimpanan yang gelap.  

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me