Terminal Salerno Maritime Karya Zaha Hadid Diresmikan

Big Banner
Terminal Salerno Maritime di Italia karya Zaha Hadid Architects. Foto: theinteriordirectory.com

Kalau gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, maka mendiang arsitek Zaha Hadid meninggalkan karya. Salah satu karya besarnya adalah Terminal Salerno Maritime di Italia.

Terminal yang diresmikan pada tanggal 25 April 2016 tersebut adalah bagian integral dari rencana perkotaan. Wali Kota Vincenzo De Luca, sekarang Gubernur Campania Region, adalah yang memulai proyek ini dan dilanjutkan oleh Wali Kota Vincenzo Napoli.

Seperti diberitakan Kompas.com, target pembangunan proyek yang diawali sejak 1993 ini adalah untuk regenerasi sosial, ekonomi dan lingkungan kota. Adalah Zaha Hadid Architects yang kemudian memenangkan kompetisi internasional pada tahun 2000 untuk merancang terminal baru tersebut.

Baca juga: Zaha Hadid, Arsitek Paling Berpengaruh di Dunia

Selama kunjungannya ke terminal tersebut, Perdana Menteri Italia Matteo Renzi memberikan penghargaan kepada Zaha Hadid.

“Kerja yang luar biasa ini menambah daya saing Salerno untuk mengubah wajahnya. Ini juga merupakan cara mengingat arsitek besar seperti yang Zaha Hadid lakukan,” kata Renzi.

Terminal maritim baru ini terdiri atas tiga komponen utama, yakni kantor administrasi untuk kontrol perbatasan nasional dan jalur pelayaran, terminal untuk feri internasional dan kapal pesiar dari seluruh dunia, dan terminal untuk feri lokal dan regional.

Baca juga: Mengenang Karya-karya Fenomenal Zaha Hadid

Desain dermaganya memudahkan penumpang dari kota mendekati terminal. Desain ini berupa jalan yang miring, tetapi landai secara bertahap di dalam gedung, sehingga menuntun penumpang naik ke kapal-kapal besar atau feri.

Penataan interior terminal mengarahkan penumpang melalui urutan ruang interior yang mengalir ke satu sama lain. Ruang interior ini juga diorganisasi di sekitar titik fokus seperti restoran dan ruang tunggu.

Pada malam hari, cahaya dari terminal dekat pintu masuk pelabuhan akan berperan sebagai mercusuar yang menyambut pengunjung ke kota.

Baca juga: Nasib Gedung Kesenian Cikutra Pasca-kepergian Zaha Hadid

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me