Macam Dan Fungsi Sloof Pada Bangunan

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Sloof merupakan bagian struktur bangunan yang letaknya seringkali tersembunyi didalam tanah, kondisi tersebut menjadikan pengerjaanya terkadang diabaikan dengan membuatnya secara asal-asalan, asal jadi dan asal ada, dari mulai besi yang ukuranya kurang dari persyaratan sampai pengecoran dengan sistem asal-asalan. padahal meskipun tersembunyi namun keberadaanya sangat penting dalam satu kesatuan struktur beton bertulang. Alasanya bisa jadi karena keinginan untuk menghemat biaya pembangunan, atau developer serta kontraktor yang ingin mendapatkan untung lebih besar. Sikap menyepelekan sloof tersebut tentunya tidak akan terjadi jika kita tahu apa saja fungsi Sloof tersebut.

Macam-macam fungsi sloof adalah
Dilihat dari segi teknis

  1. Menerima beban dari bagian bangunan diatasnya, seperti pasangan dinding, pintu, jendela, dan sejenisnya.
  2. Meratakan beban yang diterima dari bangunan diatasnya untuk kemudian disalurkan menuju pondasi.
  3. Sebagai pengikat antar kolom sehingga struktur bangunan menjadi kaku dan aman terhadap goncangan akibat angin, gempa, dan lain-lain.
  4. Sebagai dinding penahan material urugan tanah, pasangan keramik dan berbagai macam pekerjaan lantai bangunan agar bisa tetap berada pada posisi yang direncanakan.
  5. Sloof juga bisa difungsikan sebagai ornamen untuk memperindah arsitektur bangunan, terutama sloof yang lokasinya diatas permukaan tanah sehingga bisa langsung terlihat oleh mata memandang.

Dilihat dari segi sosial

Dengan adanya sistem struktur sloof maka beberapa orang bisa memperoleh pendapatan, ada tukang bangunan yang mendapatkan upah kerja, ada pengusaha besi begel yang mendapat keuntungan, ada toko bangunan yang mendapatkan laba dari hasil penjualan material, ada juga arsitek atau insinyur yang mendapatkan penghasilan dari kegiatan menghitung, merancang dan melaksanakan pembangunan.

 

Nah.. setelah kita tahu lebih jauh tentang kegunaan sloof maka sudah punya alasan untuk membuatnya secara lebih baik, ibarat akar dari sebuah pohon, ia tidak terlihat namun fungsinya sangat besar, sebuah pohon bisa roboh apabila akarnya tidak kuat. Begitu juga sebuah bangunan bisa ambruk apabila sloof tidak berfungsi dengan baik. (YN)

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me