BTN Kuasai 31 Persen Pasar KPR

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Bank BTN masih menjadi pemain utama di sektor pembiayaan perumahan. Hingga kuartal pertama 2016 BTN sudah menyalurkan kredit ke sektor perumahan sebesar Rp129 trliun. Itu setara 90,3 persen dari total kredit BTN sebesar Rp143 triliun.

counter btn

“Porsi pembiayaan Bank BTN yang non perumahan itu hanya 9,7 persen sebesar Rp13,8 triliun. Hingga saat ini kami juga masih menjadi pemimpin pasar pembiayaan perumahan di Indonesia dengan market share KPR sebesar 31 persen, sementara untuk KPR subsidi porsinya mencapai 97 persen untuk penyaluran tahun 2015 lalu,” ujar Maryono, Direktur Bank BTN, saat menyampaikan kinerja kuartal pertama 2016 di Jakarta, awal pekan ini.

Maryono mengatakan selama triwulan pertama 2016 BTN sudah tersalurkan KPR untuk 58.712 rumah. Jumlah tersebut terdiri rumah subsidi sebesar 44.449 unit dan rumah non subsidi 14.263 unit. Total kredit yang sudah disalurkan untuk 58.712 unit rumah ini sebesar Rp7,6 triliun.

Tahun ini untuk mendukung program pembangunan sejuta rumah BTN akan menyalurkan kredit untuk 570 ribu rumah. Terkait rencana Kementrian BUMN membentuk investment holding bank pelat merah, menurut Maryono, dampaknya akan positif. Bank-bank BUMN  posisinya akan lebih kuat di pasar domestik selain meningkatkan leverage, kemandirian keuangan serta efisiensi dan integrasi.

“Dengan adanya investment holding  ke depan kami berharap bisa menjadi bank yang lebih besar lagi dengan fokus bisnis yang lebih tajam. Ini semua untuk semakin mendukung program pemerintah khususnya dalam hal pembiayaan perumahan rakyat,” tandasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me