Kementerian PUPR Buat Toilet untuk 300 Rumah di Destinasi Wisata

Big Banner

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun 300 sanitasi baru di tiga destinasi wisata yang berbeda guna mendorong sektor pariwisata Indonesia.

Direktur Jenderal Perencanaan Penyediaan Perumahan, Kementerian PUPR Dedi Permadi mengatakan, skema yang digunakan untuk membuat 300 sanitiasi di tiga destinasi tersebut menggunakan skema reguler yang telah berjalan di Kementerian PUPR.

“Ini untuk mensupport pariwisata Indonesia dengan menyediakan sanitasi yang lebih baik khususnya toilet, jadi kaya semacam stimulan bagaimana membuat toilet yang baik,” ujar Dedi, di Jakarta, Kamis (28/4/2016).

Adapun dana yang digelontorkan tiap rumah, lanjut Dedi, sebesar Rp15 juta. Dengan begitu diharapkan kualitas rumah yang nantinya bakal dijadikan home stay di destinasi wisata dapat lebih baik.

“Iya kita bedah rumahnya dengan stimulan dan anggaran dari Kementerian PUPR, untuk percontohan di buat di tiga lokasi dulu dari 10 lokasi destinasi prioritas,” ucapnya.

Tiga lokasi tersebut, kata Dedi meliputi Danau Toba, Tanjung Lesung, dan Bromo – Semeru – Tengger.

“Jadi itu rumah masyarakat di sekitar lokasi destinasi yang akan kita bedah untuk stimulan menggunakan skema reguler biasa yaitu Rumah Swadaya, tapi hanya saja kebetulan lokasinya di lokasi wisata, bedanya itu saja,” pungkasnya.

Untuk diketahui, penandatanganan kerjasama antara Kementerian PUPR, Kementerian Pariwisata, dan Bank Tabungan Negara (BTN) dilakukan pada acara Sinergi Pusat dan Daerah Menuju 12 Juta Wisman dan 260 Juta Wisnus 2016, di Jakarta Convention Center.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me